Kolesterol Tinggi, Berikut Beberapa Makanan yang Harus Dihindari

Kolesterol Tinggi, Berikut Beberapa Makanan yang Harus Dihindari
Ilustrasi (Okezone Ekonomi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 15 Desember 2022 13:18 WIB

Terasjabar.id - Makanan berlemak merupakan musuh bagi penderita kadar kolesterol tinggi. Sayangnya, Anda mungkin tidak menyadari sebanyak apa lemak yang masuk ke dalam tubuh sampai pada akhirnya memiliki kolesterol tinggi.

Perlu diingat, gorengan bukanlah satu-satunya makanan dengan lemak yang harus dihindari penderita kolesterol. Susu hingga daging yang Anda pilih mungkin juga menjadi penyebab kolesterol yang Anda miliki saat ini.


Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Ilustrasi susu ( Pixabay.com/Imoflow)
Ilustrasi susu (Pixabay.com/Imoflow)

Dilansir dari laman Cleveland Clinic, berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari jika tidak ingin menderita kolesterol tinggi.

1. Susu dan olahannya

Susu murni, mentega, dan yoghurt memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Kondisi ini tentu tidak baik untuk penderita kolesterol.

Oleh karena itu, batasi penggunaan keju sekitar 3 ons per minggu dan pilihlah keju jenis mozzarella. Jika ingin minum susu, usahakan untuk mengonsumsi susu skim tanpa lemak. Anda juga bisa mengganti mentega dengan minyak virgin atau minyak alpukat yang persentase lemaknya lebih rendah.


2. Daging merah

Steak, daging sapi panggang, iga, dan daging giling cenderung memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Untuk daging sapi, Anda bisa memilih potongan rendah lemak seperti sirloin, tenderloin, atau flank.

Sumber protein hewani lainnya, Anda bisa beralih ke daging unggas seperti ayam atau bebek. Namun, hindari untuk mengonsumsi bagian kulitnya.

3. Daging olahan

Sosis, kornet, atau olahan daging lainnya biasanya diambil dari potongan daging berlemak dan diberi tambahan sodium yang cukup tinggi. Selain itu, kebanyakan daging olahan pada makanan cepat saji juga memiliki nilai nutrisi yang rendah.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengurangi konsumsi daging olahan jika kolesterol Anda masih cukup tinggi.

Tempe mendoan. [Shutterstock]
Tempe mendoan. [Shutterstock]

4. Gorengan

Apakah Anda pecinta gorengan yang dimasak dengan minyak penuh dan menutupi seluruh bagian makanan Anda? Jika iya, sayangnya Anda harus menghentikan hobi tersebut jika tidak ingin kolesterol Anda mencapai puncaknya.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggoreng makanan menggunakan air fryer atau menggantinya dengan cara pengolahan dipanggang. Ini akan memberikan lemak yang lebih sedikit bagi tubuh Anda.

5. Makanan manis

Ini juga termasuk makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Kue, donat, permen, dan makanan manis lainnya biasanya mengandung mentega yang membuatnya tinggi akan lemak jenuh dan kolesterol.

Nilai gula yang tinggi pada makanan manis juga bisa memicu kenaikan trigliserida, lemak dalam darah yang menjadi faktor risiko penyakit jantung koroner. Sebagai gantinya, pilihlah makanan penutup berupa buah-buahan segar atau produk-produk camilan sehat lainnya.



Disadur dari Suara.com 

Makanan Kolesterol Tinggi Kesehatan


Loading...