Berikut Beberapa Cara Sederhana Mengatasi Pegal Kaki di Rumah

Berikut Beberapa Cara Sederhana Mengatasi Pegal Kaki di Rumah
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Rabu, 14 Desember 2022 13:16 WIB

Terasjabar.id -- Setiap orang bisa saja mengalami berbagai macam kondisi yang menyebabkan rasa pegal pada kaki. Umumnya yang paling sering adalah pegal kaki karena melakukan aktivitas berat seperti berolahraga atau mengangkat beban berat. 

Kemudian terjadinya gangguan aliran darah yang disebabkan oleh terlalu lama berdiri atau duduk ini juga bisa menyebakan pegal pada kaki. Selain itu, kurangnya asupan cairan dan nutrisi mungkin juga bisa memicu terjadinya keluhan pegal kaki dan kaki kram. 

Oleh karena itu, apabila kamu merasakan pegal kaki ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk membantu mengatasinya.

Seperti dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah cara mengatasi rasa pegal di kaki dengan cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah. 

1. Melakukan istirahat yang cukup

Apabila mengatasi pegal kaki sebaiknya melakukan istirahat yang cukup dengan cara merebahkan tubuh dan juga meluruskan bagian kaki. Kemudian bisa melakukan posisi kaki lebih tinggi daripada bagian kepala untuk dapat mengurangi rasa pegal pada kaki tersebut. 

2. Melakukan peregangan dan pemijatan

Apabila kamu mengalami rasa pegal pada kaki yang disebabkan oleh kaku otot,ini bisa diatasi dengan melakukan peregangan. Selain itu, juga bisa dengan memberikan pijatan lembut pada kaki supaya otot melemas dan rasa tidak nyaman berkurang. 

3. Melakukan kompres dingin

Saat kaki pegal dengan kondisi yang parah hingga kaki terasa panas dan berdenyut-denyut, hal ini bisa diatasi dengan mengompres kaki menggunakan kantung es atau handuk basah yang didinginkan.

 4. Menggunakan obat pereda nyeri

Apabila rasa pegal pada kaki belum juga mereda bisa diatasi dengan menggunakan cara yang sederhana yakni mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen, paracetamol, atau aspirin. 

5. Obat topikal

Selain minum obat pereda nyeri, bisa juga dengan menggunakan obat topikal atau oles yang mengandung capcaisin atau pereda nyeri guna mengatasi masalah pegal kaki ini.

Adanya sensasi panas dari penggunaan obat topikal ini mampu melemaskan otot dan juga meredakan rasa sakit yang muncul. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi pegal kaki di rumah secara sederhana. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Disadur dari Suara.com 

Kaki Pegal Cara Mengatasi


Loading...