Berikut Beberapa Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan!

Berikut Beberapa Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan!
Ilustrasi (Lifestyle Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 13 Desember 2022 15:48 WIB

Terasjabar.id -- Banyak sekali makanan yang diolah menggunakan telur. Telur sering menjadi menu utama untuk makanan diet. Telur mempunyai banyak nutrisi untuk tubuh yang berguna untuk kesehatan. Mengutip dari hellosehat (5/11/2021), bagian-bagian telur seperti putih telur merupakan sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium. Sementara kuning telur mengandung lemak, kalori, kolesterol, dan beberapa jenis mineral.

Banyak teknik yang dapat dilakukan untuk mengolah telur menjadi makanan yang enak, cara yang paling sederhana adalah dengan merebusnya. Merebus telur selama 12 menit akan membuatnya matang sempurna. Telur rebus yang matang sempurna dapat meminimalkan telur terkontaminasi oleh bakteri salmonella yang dapat menyebabkan muntah, demam, kram hingga diare. Mengonsumsi telur rebus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:


1. Menjaga Mata Tetap Sehat

Telur rebus memiliki manfaat untuk kesehatan mata, selenium yang ditemukan dalam putih telur mempunyai manfaat sebagai antioksidan yang penting dalam menjaga kesehatan mata dan memulihkan fungsi retina. Zat mineral ini memegang peran kunci untuk penyerapan zat antioksidan dalam makanan.

Di dalam telur rebus juga terdapat Vitamin A dan E, vitamin tersebut berperan penting dalam menunjang fungsi retina yang dapat membantu mata dalam proses beradaptasi dengan cahaya terang dan gelap. Tidak hanya itu, vitamin A dan E dapat mencegah dan menurunkan risiko terjadinya katarak dan kemunduran fungsi penglihatan karena usia. Merangkum dari klikdokter (15/12/2015), telur rebus mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh mata sehingga berguna untuk menjaga kesehatan mata.

2. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Stabil

Banyak berita tentang telur rebus dapat menurunkan berat badan, media sosial dan televisi sudah sering membicarakan hal ini, di antara kalian pasti sudah pernah mendengarnya bukan? Hal tersebut ternyata benar karena telur merupakan sumber protein dan lemak yang dapat menahan rasa lapar karena waktu mencernanya lebih lama dibandingkan dengan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seseorang yang mengonsumsi telur pada sarapan pagi hari, cenderung akan merasa kenyang lebih lama dengan asupan kalori yang lebih sedikit. Dengan menambahkan telur ke dalam menu sarapan, Anda akan lebih berenergi dan terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan. Makan telur di pagi hari juga menjadi opsi sarapan yang mudah dan sehat.

3. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Selanjutnya, manfaat telur rebus adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Telur rebus memiliki protein dan lemak yang tinggi, kandungan yang dimiliki telur rebus memberikan dorongan dalam sistem metabolisme karena mengonsumsi telur rebus membantu untuk membakar lebih banyak kalori.

4. Menguatkan Otot 

Dilansir dari fimela.com telur rebus memiliki 6-7 gram protein dan terdiri dari asam amino yang sangat penting untuk kebutuhan tubuh. Kandungan protein yang ada pada telur rebus dapat menguatkan dan meningkatkan massa otot. Terbukti banyak binaragawan menggunakan telur rebus untuk menjaga bentuk ototnya agar selalu sempurna seperti yang mereka inginkan. 

5. Memelihara Kesehatan Jantung

Mengonsumsi telur rebus yang mempunyai kandungan omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda atau biasa disebut lemak baik dapat menyeimbangkan kadar kolesterol darah yang ada di dalam tubuh. Kolesterol jahat yang berkaitan erat dengan penyakit jantung dapat diminimalisir oleh kandungan omega 3 dan lemak baik yang terkandung dalam telur rebus.

Nah! Itu dia beberapa manfaat dari telur rebus, si kecil serbaguna yang hebat. Ternyata manfaat dari telur rebus ini tidak main-main mulai dari menurunkan berat badan, menjaga kesehatan mata hingga memelihara kesehatan jantung.

Mengonsumsi telur rebus untuk sarapan juga seperti peribahasa "Sekali mendayung dua pulau terlampaui" kita kenyang, sekaligus sehat karena berat badan stabil dan telur rebus mempunyai nutrisi-nutrisi yang sangat baik bagi tubuh sehingga sangat menunjang hal tersebut. Anggap saja seperti mengubah sedikit gaya hidup menjadi lebih sehat dengan telur rebus. Jagalah selalu kesehatan karena sehat itu mahal harganya.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Telur Rebus Kesehatan Manfaat


Loading...