Berikut Beberapa Bahaya Konsumsi Kubis Berlebihan untuk Kesehatan

Berikut Beberapa Bahaya Konsumsi Kubis Berlebihan untuk Kesehatan
Ilustrasi Kubis (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 3 Desember 2022 14:35 WIB

Terasjabar.id -- Apakah kamu sudah tahu tentang bahaya konsumsi kubis bila jumlahnya berlebihan bagi kesehatan tubuh? Walaupun kubis memberikan banyak manfaat, bukan berarti konsumsinya bisa berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan bukannya memberikan banyak manfaat, tapi malah sebaliknya. Hal ini juga berlaku saat kamu mengonsumsi kubis. Melansir laman klikdokter.com, inilah 3 bahaya mengonsumsi kubis dengan kadar berlebihan yang penting diwaspadai:

1. Mengganggu Saluran Pencernaan

Bahaya pertama, mengganggu saluran pencernaan. Mengenai hal ini didukung oleh pendapat Michigan State University terkait kandungan serat dalam kubis sebesar 5,8 gram untuk setiap cangkir.

Bila kamu makan terlalu banyak serat, akan membuat saluran pencernaan terhambat. Jadi, nantinya berpotensi menimbulkan sembelit. Atau bisa juga saluran menjadi terlalu lancar yang membuat akhirnya kamu mengalami diare.

2. Perut Menjadi Kembung

Bahaya konsumsi kubis selanjutnya yang penting diwaspadai yaitu membuat perut menjadi kembung. Jenis sayuran satu ini mengandung banyak zat bernama raffinose, yaitu gula yang tidak bisa dicerna.

Sebagai tambahan informasi, varian gula satu ini adalah karbohidrat kompleks yang tidak dicerna oleh bagian usus. Hal inilah yang bisa menimbulkan perut menjadi kembung. Tapi, mengenai reaksi perut kembung ini untuk setiap individu akan berbeda-beda.

3. Interaksi dengan Obat Tertentu

Disarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter yang memang ahli di bidangnya bila ingin mengonsumsi kubis ketika dalam waktu bersamaan harus rutin minum jenis obat pengencer darah. 

Sebenarnya tidak hanya berlaku untuk konsumsi kubis saja, tapi juga makanan kaya vitamin K lainnya. Terkait hal ini relevan dengan vitamin K yang mampu bersinggungan dengan dampak obat pengencer darah bila dikonsumsi oleh tubuh dalam kadar berlebih.

Jadi, sebelum konsumsi kubis, sebaiknya pahami kondisi tubuh kamu terlebih dahulu. Apakah memiliki alergi kandungan zat tertentu dalam kubis atau tidak. Apalagi bila kamu harus mengonsumsi obat tertentu secara berkala setiap harinya.

Jangan sampai karena abai terhadap bahaya kubis, malah semakin memperparah penyakit yang sedang kamu alami. Setelah memahami bahaya konsumsi kubis, selain mempertimbangkan jumlah yang sebaiknya dimakan, pastikan juga kandungan zatnya aman masuk dalam tubuh kamu.

Disadur dari Yoursay,id dan Suara.com

Kesehatan Sayuran Kubis Manfaat


Loading...