FAKTA Tenda Sakinah Tempat Berhubungan Pasutri yang Terdampak Gempa Cianjur, Emang Ada Atau Candaan Semata ?

FAKTA Tenda Sakinah Tempat Berhubungan Pasutri yang Terdampak Gempa Cianjur, Emang Ada Atau Candaan Semata ?
Antara News
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 3 Desember 2022 09:57 WIB

Terasjabar.id - Heboh 'Tenda Sakinah' untuk pasangan suami-istri korban bencana Gempa di Kabupaten Cianjur memenuhi kebutuhan biologisnya. Namun, ternyata tenda tersebut tidak ada, bahkan foto tenda yang beredar pun ternyata merupakan posko dapur umum.
Berdasarkan penelusuran detikJabar ke lokasi di Kampung Bayubud, Desa Rancagoong, Kecamatan Cilaku, tenda yang berada di komplek Pondok Pesantren Assuyutiyah tersebut merupakan lokasi dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan bagi 1.500 orang pengungsi di sekitar pesantren.

Ada juga satu tenda lain yang dibangun di depan dapur darurat yang berfungsi sebagai tenda medis.

Kepala Desa Rancagoong Dede Farhan mengatakan jika dirinya sudah berkomunikasi dengan pihak pesantren dan dipastikan tenda sakinah untuk pasutri memenuhi kebutuhan biologis tersebut tidak ada.

"Tidak ada kang, dari hari pertama juga tidak ada tenda sakinah untuk pasutri," kata dia, Jumat (2/12/2022).

Menurut dia tenda sakinah atau tenda asmara tersebut hanya guyonan para pengungsi. Namun kenyatannya sampai saat ini tidak pernah didirikan.

"Itu guyonan warga, permintaan yang sebatas candaan. Tapi bisa dilihat tidak ada tenda tersebut. Yang di foto juga itu kan posko dapur umum, yang di depannya tenda medis untuk warga yang sakit," ucap dia.

Di sisi lain, Bupati Cianjur Herman Suherman menuturkan jika dirinya juga sempat menerima usulan adanya tenda asmara untuk pasangan suami-istri.

"Memang ada juga yang usul ketika saya keliling ke posko-posko. Tapi usulan itu juga hanya sebatas candaan pada pengungsi. Sampai saat ini di Cianjur tidak ada tenda asmara, tenda sakinah, atau tenda lainnya yang sejenis," ungkapnya.

Herman mengatakan untuk pasangan suami istri yang rumahnya tidak terdampak gempa dan ingin memenuhi kebutuhan biologis, bisa dilakukan di rumah.

"Kan sudah diperbolehkan kembali ke rumah, dengan catatan yang rumahnya tidak rusak atau sebatas rusak ringan. Urusan biologis itu bisa di rumah. Kalau yang rumahnya rusak parah, kita sudah arahkan untuk membangun hunian sementara dari sisa bangunan yang ada, nanti kita beri stimulan dana untuk membangunnya sebesar Rp 500 ribu hingga rumah yang baru selesai dibangun," ujarnya.


Baca artikel detikjabar, "Heboh Tenda Sakinah untuk Pasutri Korban Gempa Cianjur, Begini Faktanya" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/berita/d-6438986/heboh-tenda-sakinah-untuk-pasutri-korban-gempa-cianjur-begini-faktanya.

Gempa Jabar Cianjur gempa Bumi Jakarta Gempa Bandung Gempa Cimahi Gempa Lokasi gempa Viral Tenda Sakinah Pondok Pesantren


Loading...