Elon Musk Buat Chip yang Dipasang Pada Otak Manusia, Memungkinkan Untuk Menyembuhkan Orang Lumpuh dan Mengobati Penyakit Otak Lainnya

Elon Musk Buat Chip yang Dipasang Pada Otak Manusia, Memungkinkan Untuk Menyembuhkan Orang Lumpuh dan Mengobati Penyakit Otak Lainnya
Infokomputer - Grid.ID
Editor: Malda Teras Techno —Sabtu, 3 Desember 2022 09:35 WIB

Terasjabar.id - Orang terkaya di dunia, Elon Musk mengaku akan memulai pembuatan chip otak nirkabel yang dikembangkan perusahannya bernama Neuralink.

Menurutnya, Neuralink bakal memulai uji klinis chip di otak manusia itu dalam waktu enam bulan.

Perusahaan itu sedang mengembangkan antarmuka chip otak yang diklaim dapat membantu pasien yang cacat untuk bergerak dan berkomunikasi lagi.

Bahkan, Elon Musk juga menambahkan Neuralink akan menargetkan pemulihan penglihatan.

Berbasis di San Francisco Bay Area dan Austin, Texas, Neuralink dalam beberapa tahun terakhir telah melakukan tes pada hewan saat mencari persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) AS untuk memulai uji klinis pada manusia.

"Kami ingin sangat berhati-hati dan yakin itu akan bekerja dengan baik sebelum menempatkan perangkat ke manusia," kata Musk selama pembaruan publik yang sangat ditunggu-tunggu pada perangkat tersebut.

Berbicara kepada kerumunan undangan terpilih dalam presentasi di kantor pusat Neuralink yang berlangsung hampir tiga jam, Musk menekankan kecepatan perusahaan mengembangkan perangkatnya.

"Kemajuan pada awalnya, terutama yang berlaku untuk manusia, mungkin akan tampak sangat lambat, tetapi kami melakukan semua hal untuk meningkatkannya secara paralel," tambahnya.

"Jadi, secara teori, kemajuan harus eksponensial," ujarnya.

FDA mengaku tidak dapat mengomentari status atau keberadaan aplikasi produk potensial itu.

Dua aplikasi manusia pertama yang ditargetkan oleh perangkat Neuralink akan memulihkan penglihatan dan memungkinkan pergerakan otot pada orang yang tidak dapat melakukannya, kata Musk.

"Bahkan jika seseorang tidak pernah memiliki penglihatan, seperti mereka dilahirkan buta, kami percaya kami masih dapat memulihkan penglihatan," katanya.

Selama acara, Musk juga berencana untuk mendapatkan salah satu implan Neuralink itu sendiri.

"Anda dapat memasang perangkat Neuralink sekarang dan Anda bahkan tidak akan mengetahuinya. Maksud saya, secara hipotetis ... Bahkan, di salah satu demo ini, saya akan melakukannya," katanya.

Acara tersebut awalnya direncanakan pada 31 Oktober tetapi Musk menundanya hanya beberapa hari sebelumnya tanpa memberikan alasan.

Presentasi publik terakhir Neuralink, lebih dari setahun yang lalu, melibatkan monyet dengan chip otak yang memainkan permainan komputer dengan berpikir sendirian.

Musk, yang juga menjalankan produsen kendaraan listrik Tesla, perusahaan roket SpaceX, dan platform media sosial Twitter, dikenal memiliki tujuan mulia seperti menjelajah Mars dan menyelamatkan umat manusia.

Ambisinya untuk Neuralink, yang diluncurkannya pada tahun 2016, memiliki skala besar yang sama.

Dia ingin mengembangkan sebuah chip yang memungkinkan otak untuk mengontrol perangkat elektronik yang kompleks dan pada akhirnya memungkinkan orang yang lumpuh untuk mendapatkan kembali fungsi motorik dan mengobati penyakit otak seperti Parkinson, demensia, dan Alzheimer.

Dia juga berbicara tentang menggabungkan otak dengan kecerdasan buatan.

(Sumber; Suara.com)

Elon Musk CEO Twitter Pemilik Twitter Viral DM WhatsApp Video Call Voice Call Orang Lumpuh Chip Otak Viral Motorik Penyakit Otak


Loading...