Berikut Beberapa Cara Sederhana Menjaga Kesegaran Buah Tahan Lebih Lama

Berikut Beberapa Cara Sederhana Menjaga Kesegaran Buah Tahan Lebih Lama
Ilustrasi Buah - Buahan Segar (Grid.id : Google)
Editor: Epenz Life Style —Sabtu, 26 November 2022 15:36 WIB

Terasjabar.id - Buah segar yang sifatnya mudah membusuk menjadi kendala untuk disimpan dalam waktu yang lama. Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir apabila buah disimpan dengan cara yang benar, dapat mempertahankan kesegaran buah. Sehingga buah tetap segar dan yidak mudah membusuk.

Berikut lima cara sederhana menyimpan buah melansir dari Covesia.com,Sabtu (26/11/2022).


1. Hitung jumlah buahnya

Saat belanja buah sebaiknya perhatikan jumlah yang dibeli. Jangan sampai mubazir, kerena sifat buah segar yang mudah membusuk. Menurut para ahli, jatah buah harian yang disarankan hanyalah dua potong karena memang buah merupakan makanan yang lebih mudah busuk.

Saat membeli buah, pertimbangkan juga dengan kebutuhan harian. Hitung berapa jumlah buah yang dikonsumsi dalam sehari. Dan beli buah secukupnya, agar tidak terbuang sia-sia.

2. Perhatikan saat membilas buah

Mencuci buah memang kelihatan dapat membuang kuman atau bakteri yang menempel pada buah. Namun apabila tidak dengan cara yang tepat, maka dapat merusak kualitas buah yang membuat buah cepat membusuk.

Agar buah tetap segar, kita harus memperhatikan kelembaban buah. Mengeringkan buah setelah dicuci merupakan cara yang tepat untuk menjaga kualitas buah. Karena jika buah berada dalam kondisi lembab, dapat memicu tumbuhnya jamur.

Tidak semua buah harus dicuci sebelum disimpan, ada juga buah yang cukup dikeringkan dengan handuk dapur sebelum menyimpannya.

3. Membungkus buah dengan tisu dapur

Membungkus buah dengan tisu dapur merupakan salah satu trik untuk menjaga kualitas buah agar tetap segar fan tidak membusuk. Sifat tisu yang menyerap air, dapat menjaga kelembaban buah.

Caranya cukup praktis, setelah buah dikeringkan anda dapat membungkus buah satu persatu dengan tisu sebelum menyimpannya. Ketika membungkus dengan tisu, selain menjaga kelembaban buah juga dapat menjaga buah dari semut atau serangga yang memakan buah.

4. Gunakan larutan cuka

Anda dapat menggunakan larutan cuka. Apalagi ingin menyimpan buah dalam jumlah yang banyak. Cuka tak hanya membersihkan segala jenis kotoran pada buah, tapi juga mampu mencegah tumbuhnya jamur pada buah serta membantu membunuh serangga kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Caranya cukup mengumpulkan buah-buahan di dalam wadah besar. Isi wadah tersebut dengan air secukupnya hingga buah-buahan itu terendam. Selanjutnya, tambahkan cuka putih ke dalamnya, beri sedikit garam, dan aduklah secara perlahan. Kemudian rendam buah sekitar 8 hingga 10 menit.

Saat sudah selesai bilas buah dengan baik dan kering. Barulah buah bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama.

5. Jangan simpan berdekatan

Menyiapkan buah-buahan sebelum disimpan harus diperhatikan dan juga dipertimbangkan. Jangan simpan buah dan sayuran secara bersamaan.

Sebaiknya perhatikan juga posisi saat menyimpan buah karena ada beberapa buah yang mengandung zat etilen yang dapat mempengaruhi kualitas buah.

Beberapa buah seperti pisang, alpukat, dan buah peach mengandung gas etilen yang berfungsi sebagai gas pematang yang bisa mempercepat pematangan makanan lain.

Disadur dari Suara.com 

Buah Tahan Lama Menyimpan Segar


Loading...