JADWAL BWF World Tour Finals 2022, Ginting dan Jojo Ada ?

JADWAL BWF World Tour Finals 2022, Ginting dan Jojo Ada ?
IDN Times
Editor: Malda Sport Style —Jumat, 25 November 2022 15:58 WIB

Terasjabar.id - BWF World Tour Finals 2022 akan dihelat dua pekan lagi. Berikut jadwal turnamen pamungkas dari rangkaian BWF World Tour musim ini.

Delapan pemain dan pasangan terbaik dari BWF World Tour musim ini akan diadu pada 7-11 Desember 2022 di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand.

Tak cuma pemain bertabur gelar yang menjadi sorotan tetapi juga pemain kuda hitam yang mampu tampil mengesankan sepanjang tahun ini.

Termasuk di antaranya adalah wakil-wakil dari Indonesia.

Pada tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie menjadi tumpuan.

Anthony dan Jonatan datang dengan motivasi tinggi setelah sama-sama memutus paceklik gelar pada tahun ini.

Jonatan memenangi Swiss Open (Super 300) sedangkan Anthony sedikit lebih baik dengan dua titel dari Singapore Open (Super 500) dan Hylo Open (Super 300).

Sekadar informasi, soal koleksi gelar, Anthony cuma kalah dari pemain nomor satu, Viktor Axelsen (Denmark), yang menyabet lima gelar dari BWF World Tour 2022.

Axelsen masih akan menjadi tantangan terbesar. Anthony dan Jonatan tak pernah menang dari sang juara dunia dalam total enam pertemuan sepanjang tahun.

Sementara dari jajaran kuda hitam, pemain muda Jepang, Kodai Naraoka, patut diwaspadai.

Di tengah terpuruknya Kento Momota, pemain berusia 21 tahun ini mampu menjaga taji Negeri Sakura di tunggal putra dengan penampilan yang konsisten.

Tahun ini Naraoka merebut titel dari Vietnam Open (Super 100), mencapai final di tiga turnamen lain. Di luar itu dia juga empat kali menembus babak empat besar.

Jonatan dan Anthony juga harus mewaspadai kemungkinan bertemu di babak penyisihan karena hanya unggulan 1 dan 2 yang dipisah sementara mereka bukan.

BWF mengatur bahwa pertandingan antara pemain senegara di babak penyisihan grup harus dilangsungkan pada matchday pertama.

Beralih ke ganda putra, dua wakil Indonesia juga akan berjuang untuk merebut gelar juara dari BWF World Tour Finals 2022.

Ekspektasi tinggi berada di pundak Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang akan menjadi unggulan 1 dan 2.

Sorotan akan tertuju kepada Fajar/Rian karena menjadi pebulu tangkis Indonesia yang paling bersinar tahun ini.

Kebangkitan pada awal tahun membawa Fajar/Rian mencapai puncak karier mereka dengan delapan final dan empat gelar juara dalam setahun.

Di sisi lain, Ahsan/Hendra tak bisa dipandang sebelah mata.

Kendali masih mengalami paceklik gelar, The Daddies dikenal sebagai pasangan yang konsisten dalam urusan tampil kuat di turnamen besar.

Ahsan/Hendra selalu mencapai final dalam dua penampilan terakhir mereka di BWF World Tour Finals. Satu final di antaranya berbuah gelar pada edisi 2019.

Persaingan di ganda putra tak hanya melibatkan pasangan yang sudah mapan.

Dua pasangan anyar yaitu Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) dan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan) akan menjadi penantang gelar.

Liu/Ou sudah mengoleksi dua trofi dengan salah satunya dari Indonesia Open (Super 1000) di mana mereka mengalahkan Choi/Kim di final.

Wakil Indonesia lain datang dari ganda campuran.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan menjadi pasangan kuda hitam saat melakoni debut mereka di BWF World Tour Finals 2022.

Ujian besar akan dihadapi Rinov/Pitha semenjak tidak memiliki catatan kemenangan dengan ketujuh calon lawan mereka dalam dua tahun terakhir.

Unggulan pertama, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China), digadang-gadang akan menjadi rival terbesar Rinov/Pitha.

Zheng/Huang sedang mendominasi kompetisi ganda campuran dengan merebut 8 gelar juara dari 11 turnamen yang mereka ikuti tahun ini.

Indonesia masih berpeluang untuk menambah wakil pada BWF World Tour Finals 2022.

Pemain tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, berpotensi mendapat promosi dari posisinya sebagai cadangan pertama.

Kans Gregoria hadir setelah kabar mundurnya pemain andalan India, Pusarla Venkata Sindhu, dari BWF World Tour Finals 2022 karena cedera.

Pasangan ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, juga merupakan cadangan pertama di sektor mereka walau partisipasi mereka belum bisa dipastikan.

Konfirmasi keikutsertaan bagi para pemain dan pasangan yang dinyatakan lolos dibuka hingga 29 November mendatang.

BWF World Tour Finals 2022 akan disiarkan secara langsung di SPOTV dan iNews TV.

JADWAL BWF WORLD TOUR FINALS 2022


Senin (5/12/2022)
Undian Babak Penyisihan Grup

Rabu (7/12/2022)
11.00 WIB: Matchday 1 Babak Penyisihan Grup

Kamis (8/12/2022)
11.00 WIB: Matchday 2 Babak Penyisihan Grup

Jumat (9/12/2022)
11.00 WIB: Matchday 3 Babak Penyisihan Grup
Pascalaga: Undian Babak Semifinal

Sabtu (10/12/2022)
11.00 WIB: Semifinal

Minggu (11/12/2022)
13.00 WIB: Final

(Sumber: Suara.com) 

BWF World Tour Finals 2022 Desember Jadwal BWF World Tour Indonesia Singapore Open


Loading...