Berikut Buah-buahan yang Bagus untuk Kesehatan Mata, Mudah Untuk Didapatkan

Berikut Buah-buahan yang Bagus untuk Kesehatan Mata, Mudah Untuk Didapatkan
Ilustrasi Buah Mangga (Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 25 November 2022 15:41 WIB

Terasjabar.id -- Di era modern ini banyak orang yang sebagian besar waktunya digunakan untuk menatap layar gadget. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka akan berpengaruh pada kesehatan mata. Masalah ringan yang sering terjadi adalah mata akan terasa nyeri dan memerah. Jika sudah begini, lebih baik berhentilah terlebih dahulu untuk melakukan kegiatan yang mengharuskan mata untuk menatap layar gadget.

Untuk menjaga kesehatan mata ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Seperti memakai kacamata anti radiasi, istirahat saat mata lelah, dan juga mengatur pencahayaan. Selain itu, menjaga kesehatan mata dari dari dalam juga diperlukan oleh tubuh. Berikut adalah buah-buahan yang bagus untuk kesehatan mata.


1. Buah Alpukat

Buah alpukat adalah salah buah yang sangat mudah ditemui, buah ini banyak sekali dijadikan olahan minuman yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan dan juga di restoran.

Tak hanya rasanya yang enak, buah ini juga memiliki khasiat yang bagus untuk mata. Dilansir dari laman halodoc.com, buah alpukat bagus untuk kesehatan mata karena kandungan kandungan antioksidan jenis zeaxanthin dan lutein di dalamnya.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science, baik zeaxanthin maupun lutein bisa membantu mencegah mata mengalami degenerasi makula dan katarak.

2. Buah mangga

Buah mangga banyak sekali ditemui diseluah Indonesia, hal ini karena pohon mangga tumbuh subur di seluruh kepulauan Indonesia.

Dilansir dari laman resmi kemkes.go.id, dijelaskan bahawa buah mangga mengandung vitamin yang sangat tinggi diantaranya: Vitamin A, B1, C dan E. Dengan tingginya vitamin A tersebut, maka buah ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata.

3. Buah pisang

Tak ada orang yang tak mengenal buah ini, buah pisang banyak sekali diolah menjadi berbagai jenis makanan ringan. Mulai dari keripik, selai, kolak, dan lainnya. Selain sering dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena mengenyangkan, ternyata pisang juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata.

Bersumber dari kemkes.go.id, pisang memiliki peran penting bagi kesehatan mata. Pisang adalah buah yang kaya akan Vitamin A, B1, B2, B6, dan C, yang mana Vitamin A dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Disadur dari Suara.com 

Kesehatan Mata Buah Buahan Kacamata


Loading...