Inilah 5 Buah yang Baik untuk Hipertensi

Inilah 5 Buah yang Baik untuk Hipertensi
Ilustrasi (Pikiran Rakyat : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Jumat, 25 November 2022 15:10 WIB

Terasjabar.id - Hipertensi menjadi mimpi buruk banyak orang. Kondisi tekanan darah tinggi ini memerlukan perawatan yang intensif dan disiplin dalam konsumsi makanan sehingga tidak semakin memburuk. Untungnya, ada beberapa buah yang baik untuk penderita hipertensi.

Asupan dan pemilihan makanan adalah hal penting untuk penderita hipertensi. Tidak hanya agar kondisi yang dimiliki tak semakin parah, tapi juga dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.


Dirangkum dari alodokter dan halodoc, berikut beberapa buah yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.


1. Pisang

Dikenal sebagai buah kebahagiaan karena bisa memperbaiki suasana hati, pisang juga dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi. Adanya kandungan kalium juga akan membantu menyeimbangkan jumlah garam di tubuh.

Konsumsi pisang secara utuh atau diolah dengan cara dipanggang. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam sereal untuk penambah rasa dan nutrisi.

2. Anggur


Selain pisang, anggur juga baik untuk membantu mengontrol tekanan darah. Kandungan yang berperan penting adalah polifenol yang dikenal sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Di sisi lain, anggur juga kaya akan serat dan rendah kalori. Konsumsi rutin dapat mencegah munculnya sindrom metabolik dan hipertensi.

3. Delima

Buah delima juga menjadi salah satu buah yang baik untuk hipertensi. Konsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dikatakan dapat memberikan manfaat berupa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

4. Semangka

Tidak hanya terasa segar karena memiliki banyak kandungan air, konsumsi secara rutin juga dapat membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Mulai dari kalium, magnesium, vitamin A, hingga vitamin C, semua kandungan itu bisa membantu menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.

5. Alpukat

Sepertinya alpukat muncul hampir di semua artikel rekomendasi makanan sehat, ya? Sebab, memang kenyataannya demikian. Kandungan nutrisi lengkap dan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya benar-benar memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Guna menjaga kondisi tekanan darah dalam tubuh, konsumsi alpukat juga disarankan untuk dilakukan secara rutin.

Selain itu, buah lain yang bisa menjadi opsi sehat bagi penderita hipertensi adalah beri, kiwi, jeruk, dan buah bit. Biar lebih mantap, konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda, ya!


Disadur dari Suara.com 

Hipertensi Tekanan Darah Tinggi Buah Pisang


Loading...