Berikut Beberapa Tips Dasar Berinvestasi

Berikut Beberapa Tips Dasar Berinvestasi
Ilustrasi (Finansial Bisnis : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 25 November 2022 14:37 WIB

Terasjabar.id -- Menabung merupakan tindakan yang sangat baik. Namun di zaman yang seperti sekarang ini, menabung saja rasanya tidak cukup. Hal ini karena adanya inflasi atau penurunan nilai mata uang yang membuat nominal uang di masa depan tidak seperti saat sekarang ini. Misalnya sejumlah saat ini bisa digunakan untuk membeli suatu barang, namun sepuluh tahun lagi mungkin nominal yang sama tidak cukup lagi untuk membeli barang yang sama.

Sedangkan apabila kita hanya menabung saja, maka jumlah uang yang kita miliki hanya yang kita masukkan ke dalam tabungan saja. Meskipun kita menunggu sampai puluhan tahun, jumlah uangnya akan tetap. 

Untuk itulah kita perlu melakukan investasi dengan uang kita. Hal ini agar tidak hanya kita yang bekerja untuk mencari uang, melainkan uang kita juga bekerja sendiri. Jika pandai dan bijak dalam melakukannya, maka berinvestasi akan lebih menjamin masa depan kita.

Meski begitu, di sisi lain banyak orang yang justru gagal dalam investasi yang dilakukannya. Tidak sedikit pula yang sampai bangkrut dan kehilangan semua hartanya karena salah melangkahndalam berinvestasi. Untuk itu, investasi juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Kita harus selalu berhati-hati dalam investasi.

Berikut ini adalah 4 tips dasar dalam berinvestasi.

1. Pelajari dan pahami terlebih dahulu

Investasi bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari yang hasilnya kecil hingga yang hasilnya fantastis. Namun biasanya yang menjanjikan hasil besar juga memiliki risiko yang tinggi. Untuk itu, dari berbagai macam jenis investasi yang menarik dan ingin kita lakukan, kita harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Kita harus mempelajari seluk-beluk investasi tersebut. Misalnya mengenai cara kerjanya dari mana mendapat keuntungan, jumlah keuntungan yang dijanjikan, hingga risiko yang dihadapi seperti apa. Bagi umat muslim, maka perlu juga diperhatikan apakah investasi tersebut melanggat syariat atau tidak.

2. Jangan investasi dengan uang untuk kebutuhan

Investasi memang sangat penting, namun kebutuhan sehari-hari lebih penting. Maka dari itu kita harus mementingkan kebutuhan kita dan keluarga terlebih dahulu. Baru jika masih ada uang, bisa kita gunakan untuk investasi.

Jangan gunakan budget kebutuhan untuk kita investasikan. Apalagi jika hasilnya belum jelas. Mending kalau untung, kalau rugi? Bisa-bisa kebutuhan kita terbengkalai.

3. Investasi dengan uang 'dingin'

Selain jangan menggunakan uang kebutuhan, hendaknya kita juga hanya menggunakan uang dingin untuk investasi. Uang dingin disini maksudnya uang yang kita dapat dengan usaha kita. Jangan investasi dengan uang dari hasil utang. Karena jika nantinya kita gagal dalam investasi ini, kita bisa kesulitan untuk membayar utang tersebut.

4. Jangan tergiur hasil instan

Setiap investasi memang menjanjikan keuntungan. Namun semua jenis investasi tetap memerlukan proses untuk mendapat keuntungan tersebut. Kebanyakan tetap harus sedikit demi sedikit. Hal ini memang menuntut kesabaran dari kita. Jangan tergiur jika ada yang menawarkan investasi dengan hasil yang instan. Karena bisa jadi itu adalah investasi bodong yang hanya akan menipu kita.

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Investasi Menabung Tips Dasar


Loading...