Berikut Beberapa Kuliner di Pasar Beringharjo Jogja yang Wajib Dicicipi

Berikut Beberapa Kuliner di Pasar Beringharjo Jogja yang Wajib Dicicipi
Ilustrasi Sate Kere (Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Teras Bisnis —Kamis, 24 November 2022 14:49 WIB

Terasjabar.id - Apabila kamu ke Malioboro, nggak ada salahnya untuk mencicipi beberapa kuliner di pasar beringharjo. Berbagai kuliner menarik di sini jadi penghilang dahagamu setelah seharian berbelanja. 

Jika kamu tidak tahu apa aja kuliner yang paling terkenal di salah satu pasar tradisional Yogyakarta ini, yuk simak deretan kuliner khas di Pasar Beringharjo


1. Sate Kere

Sate Kere merupakan salah satu makanan yang wajib kamu cicipi jika ke Beringharjo. Letaknya ada di sebelah selatan pasar, kamu akan menemukan dengan mudah karena penjual sate Kere ini berjejer di pinggiran pasar dengan kepulan asapnya. 

Kuliner satu ini terbuat dari gajih atau lemak sapi yang dibumbui dengan rempah dan kecap. Sehingga saat makan sate Kere ini kamu akan mendapatkan sensasi kenyal dan rasa gurih serta manis yang menyebar di mulut. 

2. Es Dawet Mbah Hari

Jika tengah haus saat berbelanja, kamu bisa mampir di es dawet Mbah Hari yang ada di Pasar Beringharjo. Es dawet ini sangat legendaris lho, bahkan mbah Hari berjualan sejak dirinya berumur 12 tahun hingga berumur 73 tahun. 

Berjualan dikelilingi penjual kain, Mbah Hari berjualan es dawet mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Satu mangkuk kecil es dawet ini berisi cendol, cincau hijau atau cao-cao, potongan nangka, lalu disiram dengan air santan dan air gula merah. Sangat segar bukan?

3. Gado-gado bu Hadi

Gado-gado bu Hadi jadi salah satu kuliner di Pasar Beringharjo yang legendaris dan jadi andalan para wisatawan maupun penjual di pasar. Satu porsi Gado-gado bu Hari berisi kupat, toge, timun, kol, kentang rebus, tahu, telur rebus 1 butir dan semua bahan tersebut disiram dengan bumbu kacang dan bonus satu mangkuk kerupuk melinjo. 

Kamu juga bisa memesan minuman segar di warung bu Hadi, salah satu menu yang populer adalah es kopyor yang dapat melepaskan dahaga di tengah panasnya Jogja

4. Sego Empal Bu Warno

Empal yang sudah dibumbui dengan rempah-rempah racikan dan direbus selama 6 jam di tungku kayu ini membuat racikan sego empal Bu Warno terkenal di Pasar Beringharjo. 

Kuliner olahan daging sapi ini dapat kamu nikmati mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Tempat berjualan Sego empal ini terletak di selatan Pasar Beringharjo. 

Disadur dari Suara.com 

pasar Beringharjo Kuliner Pasar Tradisional Yogyakarta


Loading...