Berikut Beberapa Makanan yang Perlu Dihindari oleh Ibu Menyusui

Berikut Beberapa Makanan yang Perlu Dihindari oleh Ibu Menyusui
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Life Style —Kamis, 24 November 2022 13:53 WIB

Terasjabar.id -- Ibu menyusui perlu menjaga kesehatannya karena hal itu akan berpengaruh pada ASI yang dihasilkan. Demi memastikan bahwa buah hati kamu memperoleh ASI yang berkualitas, maka sebaiknya ibu menyusui memperhatikan makanan yang dikonsumsinya.

Terkait hal itu, dilansir dari Verywell Family, berikut telah dirangkum 5 makanan yang perlu dihindari oleh ibu menyusui.


1. Makanan cepat saji 

Makanan cepat saji cenderung mengandung zat yang tidak sehat, mulai dari pemanis buatan hingga kandungan pengawet.

Selain dapat berakibat buruk bagi kesehatan, makanan cepat saji juga tidak baik dampaknya bagi ibu menyusui. Makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan gizi yang rendah.

2. Kafein

Segala sesuatu yang mengandung kafein tidak baik dikonsumsi oleh ibu menyusui, mulai dari kopi, teh, soda, hingga coklat. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan penurunan suplai ASI. Selain itu, konsumsi kafein juga dapat menyebabkan masalah pada buah hati kamu, seperti kegugupan hingga kesulitan tidur.

Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari atau setidaknya membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein. Kamu bisa mempertimbangkan jenis minuman lainnya yang lebih sehat seperti teh herbal atau jus buah.

3. Gorengan dan daging berlemak

Daging berlemak tinggi dan makanan yang digoreng tidak memberikan nutrisi yang diperlukan saat menyusui. Bahkan makanan tersebut hanya dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan.

Mulai dari kenaikan berat badan hingga bisa menyebabkan timbulnya sejumlah penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, depresi, hingga stroke.

4. Makanan laut tinggi merkuri 

Makanan laut tinggi merkuri tidak hanya berbahaya bagi ibu menyusui melainkan juga berdampak buruk pada bayi yang sedang disusui. Sebab hal itu berpengaruh terhadap sistem otak, saraf, hingga ginjal.

Hal itu akan berpengaruh pada masalah koordinasi, perhatian, cara bicara, hingga ingatan anak. Adapun sejumlah jenis makanan laut tinggi merkuri banyak terdapat pada ikan seperti ikan hiu, tenggiri, tuna, todak, hingga ikan marlin.

5. Bumbu rempah tertentu

Sejumlah rempah dipercaya dapat mengurangi suplai ASI sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sejumlah bumbu rempah yang dimaksud yaitu sage hingga rosemary. Sebaliknya ibu menyusui banyak mengonsumsi bawang putih dan jahe karena dapat membantu meningkatkan pasokan ASI.

Itulah 5 makanan yang perlu dihindari oleh ibu menyusui. Sejumlah makanan tersebut tidak harus benar-benar berhenti dikonsumsi, tapi sebaiknya porsinya perlu dibatasi.

Disadur dari Suara.com 

Kesehatan Ibu Menyusui ASI


Loading...