TANDA-TANDA Kalian Overhidrasi Atau Terlalu Banyak Minum Air !

TANDA-TANDA Kalian Overhidrasi Atau Terlalu Banyak Minum Air !
IDN Times
Editor: Malda Teras Health —Rabu, 23 November 2022 11:13 WIB

Terasjabar.id -- Minum air yang cukup itu baik. Namun ingat minum terlalu banyak juga bisa berbahaya untuk kesehatan. Hal ini disebut sebagai overhidrasi.


Dehidrasi dan overhidrasi itu sama bahayanya. Austin DeRosa, ahli urologi dengan UC Health Cancer Center di Highlands Ranch, Colorado dan kursi bedah robotik di University of Colorado Medicine mengungkapkan dalam keadaan tertentu, overhidrasi bisa menyebabkan penyakit ekstrem bahkan kematian.

Overhidrasi atau disebut juga sebagai hiponatremia,kadang-kadang disebut "keracunan air," menyebabkan kadar natrium dan elektrolit lain yang rendah secara tidak normal dalam aliran darah Anda, yang kemudian dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti kejang, koma, dan, dalam kasus yang jarang terjadi, berakibat fatal, jelasnya.

"Gagasan bahwa Anda hanya boleh minum air putih dan Anda tidak bisa kebanyakan minum terlalu banyak adalah salah satu mitos kesehatan paling umum yang saya dengar dari pasien saya," kata Jennifer Caudle, dokter kedokteran keluarga bersertifikat dan profesor asosiasi di Rowan University School of Osteopathic Medicine di New Jersey.

"Ini adalah mitos yang sangat berbahaya karena Anda benar-benar dapat minum terlalu banyak air, dan dapat menimbulkan konsekuensi yang serius."

Berikut tanda Anda kebanyakan minum air:

Sakit kepala berdenyut setiap hari


Mengutip The Healthy, sakit kepala bisa menjadi tanda overhidrasi atau dehidrasi.Ketika Anda minum terlalu banyak air, konsentrasi garam dalam darah Anda berkurang, menyebabkan sel-sel pada organ di seluruh tubuh Anda membengkak.

Ketika Anda minum terlalu banyak air, ukuran otak Anda sebenarnya tumbuh dan menekan tengkorak.Tekanan tambahan ini dapat menyebabkan sakit kepala berdenyut dan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gangguan otak dan kesulitan bernapas.

Selalu minum ketika tidak haus


Cara terbaik untuk mengetahui apakah tubuh Anda benar-benar membutuhkan lebih banyak air adalah dengan menyadari secara sadar apakah Anda benar-benar merasakan rasa haus.
"Tubuh kita sangat terprogram untuk melawan dehidrasi karena kita selalu hidup dalam ketakutan akan kelangkaan atau kekurangan," kata Hew-Butler.

"Jadi kita memiliki semua mekanisme bawaan ini untuk melindungi kita dari itu. Haus adalah monitor individu setiap tubuh yang memberi tahu mereka jika mereka membutuhkan lebih banyak.


Urine bening


Caudle, urin yang tidak berwarna adalah tanda yang jelas bahwa Anda minum terlalu banyak air. Aturan praktis lama adalah minumdelapan hingga 10 gelas air per hari. Namun, kata Caudle, berapa banyak air yang Anda butuhkan sangat bergantung pada tinggi badan, berat badan, usia, aktivitas, status kesehatan, dan cuaca.


Anda sering buang air kecil, termasuk pada malam hari


"Rata-rata, seseorang akan buang air kecil antara enam dan 10 kali sehari, jadi jika Anda buang air kecil lebih dari 10 kali sehari, Anda mungkin minum lebih banyak air daripada yang dibutuhkan tubuh Anda. ."Bangun lebih dari sekali di malam hari untuk buang air kecil adalah tanda bahaya lain dari overhidrasi, tambahnya.

Muntah, diare, mual


Gejala overhidrasi sangat mirip dengan dehidrasi, jelas Hew-Butler. Saat Anda minum terlalu banyak air, ginjal Anda mencapai titik di mana mereka tidak dapat membuang kelebihan cairan. Hal itu menyebabkan pengumpulan air di tubuh Anda.


Baca artikel CNN Indonesia "7 Tanda Kamu Kebanyakan Minum Air, Berat Badan Naik" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221123103938-255-877495/7-tanda-kamu-kebanyakan-minum-air-berat-badan-naik/2.

Overhidrasi Terlalu Banyak Minum Viral Minum Air Putih UC health Cancer Center


Loading...