Danrem 062/Tn Mendampingi Kasdam III/Slw Mengikuti Vicon Pembekuan, Peresmian dan Alih Kodal Satuan Jajaran TNI AD

Danrem 062/Tn Mendampingi Kasdam III/Slw Mengikuti Vicon Pembekuan, Peresmian dan Alih Kodal Satuan Jajaran TNI AD
Editor: Jajang Teras Garut —Selasa, 22 November 2022 18:01 WIB

PANGANDARAN, (terasjabar.id).- Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M mendampingi Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Widjanarko mengikuti Vicon acara pembekuan, peresmian dan alih kodal satuan jajaran TNI Angkatan Darat, pimpinan Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si melalui zoom meeting secara langsung dari Ruang Vicon Puskodalad, untuk Kodim 0625/Pangandaran Korem 062/Tn dilaksanakan di Makodim 0625/Pangandaran Jl. Raya Cigugur Parigi Kabupaten Pangandaran, Selasa (22/11/2022).

Sebelumnya, kedatangan Kasdam III/Siliwangi disambut Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S.Sos., S.I.P., M.M., beserta Dandim 0625/Pangandaran, Letnan Kolonel Arm Yusuf Andriyanto, S.E., para Dandim Jajaran Korem 062/Tn dan Forkopimda Pangandaran juga dengan tari tradisi adat Sunda, pengalungan sal bunga tangan sebagai ucapan selamat datang di Makodim 0625/Pangandaran.

Dilanjutkan acara vicon yang dipimpin Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., mewakili Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dalam amanatnya menyampaikan untuk melaksanakan acara peresmian satuan baru, pembekuan dan alih kodal satuan jajaran TNI Angkatan Darat yang dilaksanakan secara terpusat dan tersebar dalam keadaan sehat walafiat.

Selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, beliau mengucapkan selamat atas penataan dan peresmian satuan-satuan baru dan satuan yang ahli kodal TNI Angkatan Darat.

"Acara ini merupakan bagian dari upaya penataan organisasi TNI Angkatan Darat agar semakin adaptif, efektif dan efisien, sehingga diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih handal dan profesional," ucapnya.

Penataan dan peresmian satuan yang kita laksanakan pada hari ini, lanjut Letjen TNI Agus Subiyanto, terdiri dari, 2 satuan Kostrad yaitu Brigif 14/Mandala Yudha divisi 1 Kostrad dan Yonif 318/Adirajasa Yudha Brigif 14/Mandala Yudha Kostrad, sebagai tindak lanjut pembekuan Mandala Yudha Kostrad.

"Kemudian dilaksanakan juga alih kadal dari Kodam III/ Siliwangi ke kesatuan Kostrad yaitu Yonif 320/Badak Putih menjadi Yonif mekanis 320/ Badak Putih Kostrad, Sementara itu di wilayah Kodam 1/Bukit Barisan diresmikan satu satuan yaitu Resimen Arhanud Sisingamangaraj Kodam 1/Bukit Barisan," ujarnya.

Dalam kegiatan ini terungkap ada 7 satuan Kodim baru juga diresmikan tersebar di wilayah 5 Kodam antara lain : Kodim 0625/Pangandaran di wilayah Kodam III/Siliwangi, Kodim 1315/Kabupaten Gorontalo dan Kodim 1316/ Kabupaten Walemo di wilayah Kodam XIII/Merdeka, Kodim 1430/Konawe Utara di wilayah Kodam XIV/Hasanudin, Kodim 1513/Seran bagian barat dan Kodim 1514/Morotai di wilayah Kodam XVI/Patimura, Kodim 1812/Pegunungan fakfak di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Penataan dan pembentukan satuan ini merupakan upaya TNI AD dalam memenuhi pembangunan kekuatan pokok minimum yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan berbasis kemampuan sesuai kebijakan strategi TNI Angkatan Darat 2010-2029, penataan dan pembentukan satuan ini nantinya diharapkan mampu menghasilkan satuan-satuan yang lebih efektif dan efisien dalam mendukung setiap pelaksanaan tugas-tugas TNI Angkatan Darat.

Selesai vicon dilanjutkan acara ramah tamah peresmian Kodim 0625/Pangandaran diawali sambutan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, Mantan Menteri kelautan dan perikanan Ibu Susi Pudjiastuti, serta Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko.

Setelah itu, Kasdam III/Slw Brigjen TNI Widjanarko mewakili Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P dan rombongan menyerahkan Bansos dan Bios 44 kepada para petani Cintakarya, serta menuju tempat pembukaan tiray terselubung ditandai dengan penekanan tombol serine sebagai lambang bahwa mulai hari ini Kodim 0625/Pangandaran dan jajarannya sudah mulai beroperasi serta aktif untuk menjalankan tugasnya. Juga menuju Makodim 0625/Pangandaran melaksanakan pengguntingan pita bukti peresmian dan pengecekan bangunan baru.

Hadir pada acara tersebut diantaranya, Irdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dadang, Bupati Pangandaran, Kapolres Pangandaran, para Dandim Jajaran Korem 062/Tn, Kasiren Korem 062/Tn, Kasi Pers Korem 062/Tn, Kasilog Korem 062/Tn, Dandenhubrem 062/Tn, Dandenpom III/2 Garut, pejabat Forkopimda Kabupaten Pangandaran, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tamu undangan lainnya. (Penrem 062/Tn)

Danrem 062/Tn Mendampingi Kasdam III/Slw Mengikuti Vicon Pembekuan Peresmian dan Alih Kodal Satuan Jajaran TNI AD


Loading...