Berikut Beberapa Hal yang Membuat Ular Menyerang Kita

Berikut Beberapa Hal yang Membuat Ular Menyerang Kita
Ilustrasi (BBC : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 22 November 2022 14:50 WIB

Terasjabar.id -- Angka kematian yang diakibatkan oleh ular sangatlah tinggi, entah disebabkan oleh ular berbisa ataupun tidak. Hal ini membuat kita was-was terhadap kemunculan ular di sekitar kita, terutama jenis ular yang berbisa.

Meski begitu, banyak dari kita yang mau repot-repot untuk memelihara ular, bahkan mengoleksi beraneka ragam jenis ular yang berbahaya. Asalkan kita memahami risiko dan ilmu untuk merawat ular tersebut, kita boleh-boleh saja memeliharanya.

Sebenarnya ular adalah hewan yang lebih suka menjauhi manusia daripada mendekatinya, tapi dia bisa datang jika melihat banyak mangsa di rumah kita, tikus-tikus misalnya. Di sawah atau di jalur pendakian pun ular jarang terlihat, karena mereka menghindari aktivitas manusia di sekitarnya.

Namun, tetap saja angka kematian yang disebabkan oleh ular sangatlah tinggi setiap tahunnya. Kenapa sih ular bisa menyerang kita? Nah, berikut 4 hal yang membuat ular menyerang kita:

1. Asal-asalan dalam Memelihara

Milikilah pengetahuan bagaimana cara memelihara ular yang benar, dari mulai memberinya makan ataupun cara memegangnya. Kurangnya pengetahuan dapat membuat kita memelihara ular secara asal-asalan, misalnya kita tidak tahu apakah ular yang kita pelihara berbisa atau tidak? Tentu hal seperti ini dapat membahayakan kita dan orang lain.

2. Tidak Sengaja Menindih atau Menginjak Ular

Poin ini merupakan hal yang tidak pernah kita inginkan terjadi di dalam hidup kita. Ular bisa merespon injakkan kaki kita dengan menggigit, karena itu berhati-hatilah saat melangkah.

Saat kita melakukan aktivitas di hutan atau sawah pun sebaiknya memakai sepatu yang menutupi mata kaki dan celana berkain tebal, agar gigitan ular tak sampai menembus ke kulit kita. 

3. Membuat Ular Merasa Terancam

Ular bisa menyerang kita saat dirinya sedang merasa terancam, misalnya kita memasuki habitatnya, di mana dia menyimpan telur-telurnya. Atau mungkin saat kita dengan sengaja menjahili ular yang kita lihat, hal seperti ini akan membuat ular menyerang kita dengan kemampuannya.

Ular yang tidak berbisa pun bisa membunuh orang dewasa dengan mudah, lilitan otot di tubuhnya bisa meremukkan tulang-tulang kita, kemudian melahap kita seperti kue.

4. Membiarkan Halaman Rumah Kita Tidak Terawat

Sebaiknya rawatlah halaman rumah kita dengan baik agar tidak dijadikan sarang ular, terutama untuk kita yang tinggal di dekat sawah dan sungai.

Ular biasanya menyukai tempat-tempat lembap yang jarang diusik manusia, ular bisa menggunakannya sebagai rumah dan bisa berburu tikus saat waktunya datang.

Itulah 4 hal yang membuat ular menyerang kita. Jika kita sudah terlanjur digigit ular, kenalilah coraknya, syukur-syukur kita sudah paham jenis ular tersebut. Ikatlah bagian tubuh yang digigit agar racunnya tidak mudah menyebar di dalam aliran darah kita.

Kemudian, bersikaplah tenang dan pergi ke rumah sakit, usahakan agar bagian tubuh yang sudah digigit ular posisinya lebih rendah dari jantung kita, sehingga racun tidak mudah mencapainya. Kita akan diberi penawar bisa sesuai jenis ular yang menggigit, sayangnya tidak sema penawar bisa ular dimiliki oleh rumah sakit, King Kobra misalnya. 

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Ular Menyerang Ular Berbisa


Loading...