Sempat Diwarnai Kontroversi, Begini Penjelasan Gol Enner Valencia ke Gawang Qatar yang Dianulir VAR

Sempat Diwarnai Kontroversi, Begini Penjelasan Gol Enner Valencia ke Gawang Qatar yang Dianulir VAR
Pemain Ekuador, Enner Valencia, menyundul bola ke gawang Qatar dalam laga pembuka Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022) malam WIB. (AP Photo/Darko Bandic)
Editor: Epenz Sport Style —Senin, 21 November 2022 13:48 WIB

Terasjabar.id - Pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 yang mempertemukan tuan rumah Qatar melawan Ekuador sempat diwarnai kontroversi karena ada gol cepat yang dianulir oleh Video Assistant Referee (VAR).

Pada pertandingan yang berlangsung di Al Bayt Stadium, Minggu (20/11/2022) malam hari WIB itu, Ekuador sebetulnya sukses menjebol gawang Qatar saat laga baru menginjak menit ketiga.

Gol ini tercipta lewat tandukan kapten timnas Ekuador, Enner Valencia. Namun, VAR melakukan intervensi karena menemukan bahwa gol tersebut berbau offside.

Momen ini tentu saja membuyarkan selebrasi para pemain Ekuador. Seisi Al Bayt Stadium yang disesaki penonton pun juga bertanya-tanya mengapa terjadi offside.

Sebetulnya, gol ini dianggap tidak sah, menurut keputusan VAR, bukan karena pergerakan Enner Valencia sebagai pencetak gol ataupun pun Felix Torres yang mencatatkan assist.

Namun, dari tayangan ulang, salah satu pemain timnas Ekuador, Michael Estrada, terlihat sudah berada dalam posisi offside ketika bola pertama kali dikirimkan ke area kotak penalti.

Dalam aturan terbaru FIFA, seorang pemain dinyatakan offside apabila dia berada lebih dekat dengan garis gawang daripada bola dari dua pemain lawan terakhir, termasuk kiper.

Oleh karena itu, Estrada adalah pemain yang berada dalam posisi offside karena salah satu kakinya berada di belakang kiper Qatar ketika bola tersebut disundul oleh Enner Valencia.

Meskipun demikian, gol pertama yang tidak dianggap sah ini sama sekali tak mempengaruhi performa para pemain Ekuador untuk terus menerus memberikan perlawanan.

Sebab, Ekuador akhirnya mampu mencetak dua gol di babak pertama melalui sang kapten, Enner Valencia, yang menjadi pahlawan kemenangan timnya atas Qatar.

Gol pertama Enner Valencia pada pertandingan perdana Piala Dunia 2022 ini tercipta lewat eksekusi penalti pada menit ke-16. Hanya dalam tempo 15 menit, dia sukses menggandakan keunggulan Ekuador lewat tandukannya pada menit ke-31.

Dengan catatan impresif ini, Enner Valencia sukses mengikuti jejak beberapa pemain yang sukses menorehkan tinta emas karena mencetak gol pembuka Piala Dunia.

Tak hanya itu saja, rekor lainnya yang juga sukses dicatatkan Valencia ialah menjadi pencetak gol terbanyak untuk timnas Ekuador di ajang Piala Dunia.

Disadur dari Suara.com 

VAR Qatar Ecuador Piala Dunia 2022


Loading...