VIRAL ! Cuitan Twitter Seperti Merendahkan Ibu Negara, Iriana Jokowi ! Kaesang dan Gibran Langsung Turun Tangan

VIRAL ! Cuitan Twitter Seperti Merendahkan Ibu Negara, Iriana Jokowi ! Kaesang dan Gibran Langsung Turun Tangan
Twitter Viral
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 18 November 2022 08:30 WIB

Terasjabar.id - Jagat media sosial khususnya di Twitter tengah heboh dengan sebuah cuitan netizen dengan akun @KoprifilJati yang belakangan oleh sejumlah akun disebut-sebut merujuk pada sosok bernama Kharisma Jati. Cuitan akun tersebut ramai digeruduk netizen lain karena disebut hina Iriana Jokowi, istri Presiden Jokowi.

Mulanya, pada 17 November 2022, Kharisma Jati lewat akun Twitter @KoprofilJati mengunggah sebuah foto Iriana Jokowi yang tengah berdiri bersanding dengan Istri Presiden Korea, Kim Kun Hee.


Dalam unggahan foto tersebut, Kharisma Jati dinilai telah menghinda Ibu Negara Iriana Jokowi dengan menuliskan sebuah cuitan yakni:

"Bi, tolong buatkan tamu kita minum,"
"Baik, Nyonya,"

Buntut cuitan yang menyematkan foto Iriana Jokowi serta istri Presiden Korsel itu, banyak netizen ramai, mayoritas tak terima dan menilai unggahan itu sebagai bentuk penghinaan.

Gibran-Kaesang Bereaksi

Cuitan Gibran dan Kaesang merespons akun @KoprofilJati di Twitter (bidik layar)
Cuitan Gibran dan Kaesang merespons akun @KoprofilJati di Twitter (bidik layar)

Cuitan tersebut bahkan sampai membuat putra Jokowi, Kaesang Pengarep bereaksi. Seolah tak terima akan unggahan yang 'menyentil' sang Ibunda, Kaesang mencuit: "Lha terus maksudmu gimana? cuit calon suami Erina Gudono itu di Twitternya @kaesangp.

Tak sampai di situ, Kaesang kembali mencuit: "Maaf aku wong bodom aku gak ngerti. Udah jelasin nanti sendiri aja sama yang ahlinya,"

Bahkan Kaesang mengaku sudah diminta sambar sama sang Ibunda.

"Habis di-WA sama ibuk disuruh sabar. Yowes aku sabar," cuit Kaesang.

Netizen pun ramai ikut bereaksi.

"Geger geden slurrr," cuit akun Riyan****

"Ayo jawab" cuit netizen lain sembari menyematkan akun @KoprofilJati.

"Pasti ketar ketir tu yang buat cuitan merendahkan ibu negara," tulis akun Ica***.

Tak hanya Kaesang, sang kakak Gibran Rakamubing Raka juga turut merespon lewat cuitannya di Twitter.

"Salah paham?" cuit Gibran sembari menematkan cuitan dari akun @KoprofilJati.

Hapus Akun

Seolah sadar cuitannya mengundang respons banyak netizen, akun @KoprofilJati sampai menghapus akunnya sembari terlebih dahulu memberikan alasan.


"Sorry gaes. Postingan dengan gambar ibu negara saya hapus. Kayaknya banyak yang salah paham menganggap saya merendahkan orang di gambar tersebut," tulisnya memberikan keterangan.

Buntutnya Minta Maaf

Usai ramai dihujat sana sini, Kharisma Jati akhirnya memberikan klarifikasi sekaligus meminta maaf. Bukan lewat Twitter, namun kali ini via akun Facebook Kharisma Jati, dia menulis sebuah surat terbuka.

Pada intinya, Kharisma Jati meminta maaf kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara serta seluruh keluarga besar Kepresidenan.

Hanya saja, Kharisma Jati menyatakan, tidak ada sedikitpun permintaan maaf dirinya terhadap para pendukung fanatik rezim ini. Dan ia juga menyatakan, jika ada pihak yang hendak menuntut atas cuitannya, maka dirinya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal.

Berikut isi surat terbuka dari Kharisma Jati sebagaimana dikutip Suara.com, pada Jumat (18/11/2022) pagi:


Permintaan maaf akun Kharisma Jati. (bidik layar Facebook)
Permintaan maaf akun Kharisma Jati. (bidik layar Facebook)

"Surat Terbuka Permintaan Maaf

Kepada Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo berserta seluruh Keluarga Besar Kepresidenan.

Dengan ini saya, Kharisma Jati, meminta maaf kepada Keluarga Besar Presiden RI atas unggahan saya di media sosial yang menyinggung perasaan anggota keluarga Bapak Presiden Joko Widodo, termasuk kerabat; staf; dan pejabat di lingkungan kepresidenan.

Permintaan maaf ini saya nyatakan dengan tulus dari lubuk hati yang paling dalam, tanpa unsur keterpaksaan maupun kepura-puraan.

Dan jika dari pihak terkait bermaksud mengadakan tuntutan hukum maka saya akan menerima dengan lapang dada atas segala hukuman yang adil dan setimpal.

Namun tidak ada sedikitpun permintaan maaf saya terhadap para pendukung fanatik rezim ini, yang merasa bisa berbuat sesukanya sendiri tanpa mengindahkan moral dan etika, karena saya bukan penjilat; pembeo; maupun perundung, dan tidak sedikitpun saya membenarkan perbuatan semacam itu.


Framing, fitnah, dan ujaran kebencian yang mereka buat hanya mencerminkan arogansi dan kemunafikan mereka.

Demikian surat terbuka ini dibuat dengan penuh kesadaran tanpa paksaan dari pihak manapun,"

Meski sudah meminta maaf lewat surat terbuka, netizen di kolom komentar postingan Kharisma Jati sepertinya tak terima.

"Bukan penjilat, pembeo dan perundung. Heii, postinganmu yang kau hapus itu perundungan, bukan masalah Ibu Negara atau bukan, tapi merundung seorang ibu yang gak ada salah apa-apa dengan kamu, itulah yang bikin kamu salah! Gak usah ngomong moral dan etika, koreksi moral dan etikamu dewe cuk," tulis akun Aji***

Siapakah Kharisma Jati

Sosok Kharisma Jati diduga adalah orang di balik pengunggah gambar Iriana Jokowi dengan Kim Kun-hee yang dinilai merendahkan sang istri Presiden.

Identitas Kharisma Jati sebagai orang dibalik akun @KoProfilJati dengan nama Mati Pelan juga dibongkar oleh akun Twitter @pn717h.

Karenanya, nama Kharisma Jati pun kini ramai diperbincangkan publik dan trending di Twitter.

Lalu siapa sebenarnya Kharisma Jati?

Menyitat laman Wikipedia, Kharisma Jati atau lebih dikenal dengan nama Kjati, adalah seorang komikus dan ilustrator Indonesia.

Kharisma Jati diketahui pernah menjuarai beberapa lomba komik dan memiliki pengalaman kerja di bidang desain dan animasi.

Karyanya yang telah terbit adalah seri Anak Kos Dodol Dikomikin yang diterbitkan pada tahun 2009 hingga 2013.

Kharisma Jati lahir di Yogyakarta pada 30 April 1986.

Namanya pernah viral karena karya komiknya yang kontroversial.

(Sumber: Suara.com)

Twitter Viral Kaesang Gibran Cuitan Penghinaa Ibu Iriana Jokowi Ibu Negara


Loading...