Anggaran 7 Miliar Kuningan Masih Berjuang Target 10 Besar Porprov XIV 2022

Anggaran 7 Miliar Kuningan Masih Berjuang Target 10 Besar Porprov XIV 2022
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 17 November 2022 09:44 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Kontingen Kuningan mulai merangkak ke peringkat 16 Porprov XIV 2022, setelah cabor atletik dan angkat berat berhasil menambah pundi- pundi emas. Berdasarkan update data perolehan medali, kabupaten Kuningan sampai hari Rabu (16/11/2022), tercatat 9 emas, 18 perak, 17 perunggu dengan posisi sementara berada di peringkat 16.

Posisi itu masih berpeluang untuk naik ke peringkat 15 jika ada penambahan emas dari atletik dan cabor lainnya. Namun meskipun perolehan medali bertambah, sepertinya sulit menembus 10 besar. Seperti pada Porprov XIV - 2018 di Bogor, daat itu kontingen Kuninhgan sukses masuk peringkat 9 dengan raihan 20 medali emas, 20 perak dan 19 perunggu.


Ketua Koni Kuningan Drs H Enay Sunaryo saat memantau atlet yang berlaga di Ciamis mengatakan, untuk memenuhi target 10 besar memang cukup sulit. Terlebih pada Porprov XIV - 2022 banyak cabor baru yang mereka miliki. Seperti cabor 'petang korea', "silat Tailan', cabor Sambo dan sejumlah cabor baru, terang H Enay Sunaryo didampingi Humas Koni H. Toto Santosa, Rabu (16/11/2022).

Gambar
Dari 78 cabor yang di mainkan, Kuningan hanya 25 cabor yang tampil di arena laga. Apalagi kontingen lain didukung dengan anggaran yang cukup pantastis. Faktor lain yang berbeda yaitu Pada Porprov XIII 2016 di Bogor, medali yang ditebar sebanyak 700 emas sekarang naik jadi 1000 emas.
Terkait perolehan medali bagi kontingen yang anggaranya memadai, mereka bisa mencapai target yang di harapkan.

Sedangkan Kuningan anggarannya minim hanya Rp 7 Miliar untuk pembinaan 25 cabor dan operasional Koni, ungkapnya. Menurut bocoran dari sumber yang layak dipercaya dari 27 kabupaten/kota di Jawa barat, anggarannya mencapai puluhan miliar, diantaranya ada yang Rp 40 miliar, sampai Rp 80 miliar bahkan ada yang Rp 100 miliar lebih. Dengan anggaran sebesar itu sudah dipastikan, mereka bisa membeli atlet untuk memenuhi target. Begitu pun 'tuan rumah' berupaya maksimal meraih prestasi terbaik.


Sementara itu, Kuningan masih berpeluang menambah pundi-pundi emas diantaranya dari cabor Atletik, Angkat besi, Berkuda, Gugisu, dan yang lainnya
Perolehan Medali kontingen Kuningan Porprov XIV - 2022 antara lain,

Medali Emas Fahri Lontar Martil Putra, Beby Aliya Putri L.Tinggi, Rifki Dasalomba Putra, Natasya Mahdalita (Martil Putri), Alif M Baskar (Lompat Tinggi), Eki Febri (Tolak Peluru), Ika Puspa Dewi (Saptalomba), Aryanto S (Loncat indah), M.Irfadilah (Loncat indah), Susi Susanti (Angkat Berat 52 Kg) dan Yolanda Nur Afifah (Angkat berat 57 Kg).

Sedangkan medali perak diraih oleh,
Ricky Wibowo (110 Gawang Putra),
Rika Ardiansah (Lompat Jangkit Putri),
Intan Silfiani (100 m Gawang Putri),
Osa (Lompat Tinggi Putra),
Tresna Puspita (L.Martil Putri), 8Tresna Pupita (Tolak Peluru Putri).
Medali perunggu diraih oleh Rika Ardiansah (Lari 100 m), polantas (400 m Gw). Cabor lainnya ikut andil menyumbang medali perak diantaranya, Tenis/Pelti, ISSI, Bulutangkis, Biliar putri, Karate, dan locat indah/renang, pungkas H Enay.

(H Aboy)

Kuningan Porprov XIV 2022 Atletik Olahraga Kejuaraan


Loading...