Berikut Beberapa Manfaat Buah Pepaya, Salah Satunya Baik untuk kesehatan saluran cerna

Berikut Beberapa Manfaat Buah Pepaya, Salah Satunya Baik untuk kesehatan saluran cerna
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 16 November 2022 14:41 WIB

Terasjabar.id -- Hampir setiap orang pasti menyukai buah pepaya karena rasanya yang manis dan lezat. Akan tetapi, siapa sangka kalau buah pepaya ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian, menyebutkan bahwa mengonsumsi buah pepaya secara teratur sebagai hidangan penutup ini bisa menangkal berbagai macam penyakit. 

Hal ini karena buah pepaya mengandung vitamin dan nutrisi penting yang lainnya di mana kandungan buah pepaya ini di antaranya adalah serat, vitamin C, vitamin A, folat, kalium, kalsium, magnesium, dan juga  vitamin B1, B3, B5, E serta K.

Walaupun mempunyai rasa yang manis, namun kandungan kalori buah pepaya ini termasuk rendah, karena pada 157 gram buah pepaya ini terdapat  68 kalori, 2.7 gram serat, 31 mg kalsium, 95.6 mg vitamin C, 58 mcg folat, dan 0.47 mg vitamin E.

Seperti dirangkum dari Klikdokter, berikut ini adalah beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. 

1. Mengandung zat antioksidan

Dalam buah pepaya ini terdapat kandungan antioksidan yang bernama karotenoid dan satu jenis yang disebut dengan likopen. Maka dari itu, dengan mengonsumsi pepaya secara teratur hal ini tentu saja akan bisa memenuhi kebutuhan antioksidan dalam tubuh.

2. Mempunyai  sifat antikanker

Adanya kandungan likopen dalam buah pepaya ini bermanfaat dalam mengatasi penyakit kanker. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan likopen pada pepaya ini bisa mengurangi risiko kanker.  

Buah pepaya ini bisa mengurangi radikal bebas dan sifat antioksidan pada pepaya ini juga menunjukkan sifat antikanker di sel kanker payudara. 

3. Baik untuk kesehatan saluran cerna

Dalam buah pepaya terdapat kandungan serat yang membuatnya baik untuk saluran pencernaan agar terhindar dari masalah sembelit. Selain itu, dengan terpenuhinya kebutuhan serat setiap hari, maka aktivitas usus ini bisa lebih baik dan teratur. 

4. Baik dalam mengurangi stres

Buah-buahan yang mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan seperti pepaya, kiwi, jeruk bisa membantu dalam mengurangi peradangan dalam tubuh. Adapun kandungan vitamin C pada buah pepaya ini bisa menjaga produksi hormon stres dalam tubuh yang tetap rendah. 

Demikianlah beberapa manfaat buah pepaya yang mempunyai cita rasa manis dan baik untuk kesehatan tubuh. 

Disadur dari Yoursay,iud dan Suara.com 

Manfaat Pepaya Kesehatan


Loading...