Jenis-Jenis Mobil yang Digunakan Peringgi Negara Saat Ikuti Acara KTT G20 di Bali, Mana yang Paling Canggih ?

Jenis-Jenis Mobil yang Digunakan Peringgi Negara Saat Ikuti Acara KTT G20 di Bali, Mana yang Paling Canggih ?
Ragam Surabaya - Ragam Indonesia/ Mobil Joe Biden The Beast
Editor: Malda Hot News —Selasa, 15 November 2022 10:45 WIB

Terasjabar.id -- Jenis-Jenis Mobil yang Digunakan Peringgi Negara Saat Ikuti Acara KTT G20 di Bali, Mana yang Paling Canggih ? 

 Banyak para pemimpin negara memilih menggunakan mobil yang dibawa sendiri saat berkunjung ke Bali buat mengikuti acara KTT G20 walau pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah sudah menyediakan armada khusus berupa mobil listrik.
Negara besar seperti Amerika Serikat, China, Prancis, Rusia dan Turki memutuskan membawa mobil antipeluru yang datang menjemput di bandara I Gusti Ngurah Rai ketika orang nomor satu negaranya menginjakkan kaki di Indonesia. Sedangkan pemimpin negara lainnya tampak memakai mobil listrik yang sudah disediakan.

Berikut daftar mobil-mobil yang menjemput kepala negara KTT G20 di Bali:
DAYTONA BEACH, FLORIDA - FEBRUARY 16: U.S. President Donald Trump and First Lady Melania Trump ride in the limousine, known as the Beast on pit road prior to the NASCAR Cup Series 62nd Annual Daytona 500 at Daytona International Speedway on February 16, 2020 in Daytona Beach, Florida.   Chris Graythen/Getty Images/AFP (Photo by Chris Graythen / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
The Beast, mobil antipeluru yang digunakan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (Getty Images via AFP/CHRIS GRAYTHEN)


1. The Beast
Presiden Amerika Serikat Joe Biden tampak menaiki mobil kepresidenan khusus yang dinamakan The Beast. Limosin berukuran besar ini tampak seperti mobil penumpang namun sebenarnya dirancang atas permintaan Secret Service menggunakan sasis truk GMC Top Kick.

The Beast dengan kode Stagecoach ini memiliki berat sekitar 9 ton, seberat itu karena memiliki berbagai perlindungan misalnya kaca 5 inci, pelat antibom di bagian lantai dan perlengkapan khusus seperti pasokan oksigen, telepon satelit serta kode nuklir.

Saat konvoi Biden keluar dari area bandara terlihat AS membawa dua unit The Beast.

Mobil presiden China Xi Jinping Hongqi N701
Mobil Presiden China Xi Jinping Hongqi N701 (Arsip Istimewa)


2. Hongqi N701
Presiden China Xi Jinping tak mau kalah dari Biden, dia juga membawa mobil antipeluru sendiri Hongqi N701. Hongqi adalah merek mobil penumpang tertua di China, sedangkan N701 merupakan kode untuk mobil kepresidenan.

Tak banyak yang diketahui tentang limosin ini, namun diduga juga punya kemampuan tak kalah canggih dari The Beast. Sama seperti The Beast, pemerintah China tampak membawa dua unit Hongqi N701.
Mercedes-Benz G-Guard.
Mercedes-Benz G-Guard. (Mercedes-Benz AG/Daimler AG - press department)


3. Mercedes-Benz G-Guard
Presiden Prancis Emmanuel Macron tampaknya punya selera berbeda dari pemimpin negara lain yang menggunakan sedan atau limosin, dia memilih SUV antipeluru Mercedes-Benz G-Guard buat perlindungannya selama di Bali.

SUV kelas berat dari basis G-Class yang menjemputnya di bandara ini memiliki perlindungan kelas VR7, dibekali mesin V8 5.500 cc dan tentu saja punya kemampuan off-road.


Mercedes-Maybach S 600 Guard
Mercedes-Maybach S 600 Guard. (Mercedes-Benz AG/Daimler AG - Global Communicatio)


4. Mercedes-Maybach S600 Guard
Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan tampak dijemput menggunakan Mercedes-Maybach S600 Guard di bandara. Mobil ini merupakan langganan dipakai para pemimpin dunia untuk perlindungan di jalan.

Spesifikasi mobil ini bisa disesuaikan kebutuhan perlindungan, namun basiknya sudah punya sertifikat perlindungan balistik tertinggi level VR10 untuk kendaraan sipil.
Audi A8L Security
Audi A8L Security. (audi.com)


5. Audi A8L Security
Mobil antipeluru Audi A8L Security terlihat digunakan Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan saat tiba di Indonesia.

Mobil asal Jerman ini juga punya kemampuan tahan serangan tembakan bidik, granat tangan dan senjata otomatis. Ban dirancang khusus dapat digunakan walau sudah tak ada tekanan udara, ini berguna buat melarikan diri dari situasi berbahaya.

6. Toyota Land Cruiser GXR
Mobil antipeluru Jepang juga terlihat dalam pengamanan kepala negara, yaitu Toyota Land Cruiser GXR yang menjemput Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak di bandara.

SUV yang dirancang dari Land Cruiser 200 series ini membawa mesin bensin 5.700 cc. Memiliki perlindungan antipeluru pada bodi, kaca dan tanki bahan bakar.
Genesis Electrified G80
Genesis Electrified G80. (Dok. Hyundai Motors Indonesia)


7. Genesis Electrified G80
Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Menteri Luar Negeri Brasil Carlos Alberto Franco França terlihat menggunakan sedan listrik Genesis Electrified G80 ketika tiba di bandara.

Sedan mewah dari basis mobil bensin G80 ini disediakan khusus pemerintah Indonesia bersama Hyundai Motors Indonesia. Mobil ini tidak antipeluru tetapi telah diproduksi khusus di Korea Selatan dengan logo-logo KTT G20.


Baca artikel CNN Indonesia "Daftar 7 Mobil Pelindung Kepala Negara di KTT G20 Bali" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20221115081528-579-873795/daftar-7-mobil-pelindung-kepala-negara-di-ktt-g20-bali.


Mobil Petinggi Negara KTT G20 Viral Mobil Kepresidenan Negara Mobil Paling Canggih


Loading...