Berkut Beberapa Tips Mengobati Sakit Tenggorokan

Berkut Beberapa Tips Mengobati Sakit Tenggorokan
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 14 November 2022 13:21 WIB

Terasjabar.id -- SAAT musim hujan, kadang sakit tenggorokan menyerang dan bikin tenggorokan terasa tak nyaman. Sakit pada tenggorokan bisa jadi disebabkan oleh infeksi bakteri yang membuat tenggorokan luka dan gatal.

Sakit pada tenggorokan biasanya dibarengi dengan rasa nyeri, gatal, tidak nyaman atau terasa kering. Jika Anda tidak memperhatikan makanan atau minuman apa yang Anda konsumsi, hal tersebut dapat memperburuk kondisi Anda.

Jika Anda merasakan sakit tenggorokan, berikut ini adalah beberapa cara untuk meringankan gejalanya. Apa saja?

1. Istirahat

Dapatkan tidur yang cukup, hal ini tentu sangat berpengaruh karena anda beristirahat maka pita suara yang ada pada tenggorokan tak bekerja terlalu keras.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Cairan menjaga tenggorokan tetap lembab dan mencegah dehidrasi. Hindari kafein dan alkohol, yang dapat membuat Anda dehidrasi.

3. Makanan dan minuman hangat

Cairan hangat, seperti kaldu, teh bebas kafein atau air hangat dengan madu, dapat meredakan sakit tenggorokan.

4. Berkumur dengan air garam

Kumur air garam dengan 1/4 hingga 1/2 sendok teh (1250 hingga 2500 miligram) garam meja hingga 4 hingga 8 ons (120 hingga 240 mililiter) air hangat dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Anak-anak yang lebih tua dari 6 tahun dan orang dewasa dapat berkumur dengan larutan tersebut.

5. Madu

Dikutip dari Healthline, madu yang dicampur dalam teh atau diminum sendiri adalah obat rumahan yang umum untuk gejala sakit tenggorokan. Madu sama efektifnya dengan dekstrometorfan penekan batuk untuk meredakan batuk pada anak-anak. Dekstrometorfan adalah bahan aktif dalam produk seperti Robitussin dan Delsym.

Sebuah tinjauan literatur tahun 2021 meneliti efek madu pada infeksi saluran pernapasan atas akut. Para peneliti menyimpulkan bahwa madu lebih efektif dalam menghilangkan gejala daripada beberapa pengobatan tradisional. Obat ini termasuk antibiotik dan antihistamin diphenhydramine.

6. Bawang Putih

Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami. Ini mengandung allicin, senyawa yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi. Mengkonsumsi suplemen bawang putih setiap hari dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan atas. Infeksi saluran pernapasan yang sama ini berpotensi menyebabkan sakit tenggorokan.

Menambahkan bawang putih segar ke dalam makanan Anda adalah salah satu cara memanfaatkan sifat antimikrobanya. Cobalah mengisap atau mengunyah siung bawang putih. Anda mungkin ingin menyikat gigi sesudahnya untuk melindunginya dari enzim dan memperbaiki pernapasan Anda.

7. Minum teh chamomile

Teh chamomile yang menenangkan secara alami telah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, termasuk mengobati sakit tenggorokan. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan astringent. Menghirup uap chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek, termasuk sakit tenggorokan

Minum teh chamomile mungkin menawarkan manfaat yang sama. Ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. (DRM)

Disadur dari Okezone.com

Musim Hujan Sakit Tenggorokan Infeksi Bakteri


Loading...