Penyebab Sakit Perut Kanan, Kiri dan Tengah ! Mungkin Kalian Terkena Penyakit Ini !

Penyebab Sakit Perut Kanan, Kiri dan Tengah ! Mungkin Kalian Terkena Penyakit Ini !
Halodoc
Editor: Malda Teras Health —Kamis, 10 November 2022 13:56 WIB

Sakit perut adalah rasa sakit atau nyeri yang muncul di perut, yaitu area di bagian depan tubuh antara tulang iga dan tulang panggul. Seseorang yang mengalami sakit perut dapat merasakan kram, mulas, atau sensasi seperti tertusuk di perut.

Nyeri akibat sakit perut bisa mulai yang ringan atau berat, muncul dan hilang secara tiba-tiba, serta bisa terjadi dalam waktu singkat atau lama. Sakit perut sering kali dipicu oleh gangguan pada organ dalam perut, seperti lambung, pankreas, empedu, hati, limpa, usus, dan ginjal.

Pada wanita, sakit perut juga bisa disebabkan oleh nyeri haid (dismenore) dan gangguan pada rahim atau indung telur. Gangguan pada organ tersebut dapat bermacam-macam, mulai peradangan, infeksi, hingga penyumbatan.

Penyebab Sakit Perut

Penyebab sakit perut bisa berbeda-beda, tergangtung pada area perut yang sakit. Dalam hal ini, sakit perut bisa dibagi menjadi nyeri perut atas atau bawah.

Sakit perut atas umumnya terjadi akibat gangguan saluran pencernaan bagian atas, seperti kerongkongan, lambung, ginjal, hati, empedu, dan usus halus. Sementara sakit perut bawah biasanya disebabkan oleh gangguan saluran pencernaan bagian bawah, seperti usus besar, rektum, dan anus.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut berdasarkan letak nyeri yang dirasakan:

1. Sakit perut kanan atas

Beberapa penyakit penyebab sakit perut kanan atas adalah:

Selain karena organ di dalam perut, sakit perut kanan atas juga dapat disebabkan oleh gangguan pada paru-paru, seperti emboli paru, radang selaput paru (pleuritis), atau paru-paru basah.

2. Sakit perut kanan bawah

Sakit perut kanan bawah dapat disebabkan oleh:

3. Sakit perut kiri atas

Beberapa penyebab sakit perut kiri atas adalah:

Sama halnya dengan sakit perut kanan atas, sakit perut kiri atas juga dapat terkait dengan masalah di paru-paru. Bukan hanya itu, angina dan gagal jantung juga bisa mengakibatkan sakit perut kiri atas.

4. Sakit perut kiri bawah

Penyebab dari sakit perut kiri bawah antara lain:

  • Infeksi saluran kemih
  • Batu saluran kemih
  • Kehamilan ektopik
  • Infeksi indung telur
  • Sumbatan (obstruksi) usus
  • Radang usus

5. Sakit perut bagian tengah

Sakit perut di bagian tengah atas (ulu hati) dapat disebabkan oleh sakit maag, tukak lambung, atau radang pankreas. Gangguan pada jantung juga dapat menyebabkan sakit di ulu hati. Sedangkan sakit perut di bagian tengah bawah dapat terjadi akibat radang saluran pencernaan atau radang kandung kemih.

Khusus untuk wanita, kelainan pada organ reproduksi dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah. Kelainan tersebut antara lain:

Gejala Sakit Perut

Sakit perut bisa terasa seperti kram, mulas, atau menusuk, dengan tingkat keparahan ringan hingga berat. Area perut yang sakit juga bisa berbeda-beda. Pada sejumlah kondisi, nyeri juga dapat berpindah dari satu area perut ke area perut yang lain.

Terkadang, nyeri akibat sakit perut juga bisa disertai dengan gejala lain, seperti rasa tidak nyaman di perut, kedutan di perut, kembung, sendawa, mual, dan muntah. Selain itu, sifat dan lamanya sakit perut juga bisa beragam, seperti:

  • Muncul perlahan atau tiba-tiba
  • Hilang timbul atau menetap
  • Berlangsung sebentar, beberapa jam, atau bahkan beberapa hari
  • Sakit berkurang atau bertambah pada posisi dan gerakan tertentu, misalnya bersin atau batuk

(Sumber: alodokter.com) 

Sakit Perut Bagian Tengah Kanan Kiri Viral Usus Perut Lambung


Loading...