Inilah 5 Cara Mengatasi Bad Mood

Inilah 5 Cara Mengatasi Bad Mood
Ilustrasi (IDN Times : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Jumat, 4 November 2022 14:02 WIB

Terasjabar.id -- Hidup tidak selamanya tentang perasaan bahagia. Terkadang ada saat di mana perasaan buruk muncul, sehingga membuat seseorang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas. Perasaan inilah dikenal dengan sebutan bad mood

Istilah bad mood berasal dari bahasa Inggris yang artinya perasaan buruk. Kemunculannya bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Entah di waktu pagi, siang, sore, atau malam. Mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa pun juga mengalaminya. 

Ketika bad mood datang biasanya seseorang akan mudah marah dan harinya menjadi kacau. Memang sesekali bad mood tidak bermasalah, tetapi jika terus menerus bisa berpotensi terhadap gangguan kesehatan mental. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir ketika mood-mu buruk. Segera lakukan beberapa cara ini. Sebagaimana dilansir dari laman Alodokter, berikut ini ada lima cara mengatasi bad mood yang dapat dilakukan.

1. Menangis

Ketika perasaanmu sedang tidak-tidak baik saja, maka menangislah. Dengan menangis dapat membuat emosimu teralihkan dan menjadi tenang. 

2. Berpikir Positif

Bila mood burukmu muncul, cobalah untuk memikirkan kebaikan orang sekitarmu, prestasi yang kamu raih, dan sesuatu yang berharga dalam hidupmu. Cara ini dapat membantumu untuk memperbaiki suasana hatimu. 

3. Melakukan hal positif

Melakukan hal-hal positif juga dapat membantu mengalihkan perasaan burukmu. Misalnya melakukan hobi, membaca buku, menonton film, membantu orang lain, dan sebagainya. Dengan beraktivitas positif, emosimu jadi berubah menjadi baik. 

4. Menerapkan pola hidup sehat

Menerapkan pola hidup yang sehat tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik saja, akan tetapi mental juga, seperti berolahraga teratur, tidur yang cukup, dan makan-makanan bergizi. Semua itu dapat membantu membangun mood yang baik. 

5. Bercerita 

Ketika mood sedang buruk cobalah untuk bercerita kepada orang terdekatmu yang kamu percayai. Dibandingkan hanya menahan perasaan sendiri, akan lebih baik diceritakan. Dengan demikian, emosi buruk yang terpendam menjadi tersalurkan. 

Lima cara di atas bisa kamu lakukan ketika bad mood datang. Namun, jika solusi-solusi di atas tidak mampu menenangkanmu, sebaiknya buat jadwal temu dengan ahli di bidang itu. Semoga membantu!

disadur dari Suara.com 

Bad Mood Perasaan Cara Mengatasi


Loading...