Kualitasnya Dipertanyakan, Pemerintah Sudah Uji Pertaliter Begini Hasilnya ! Masih Memenuhi Syarat ?

Kualitasnya Dipertanyakan, Pemerintah Sudah Uji Pertaliter Begini Hasilnya ! Masih Memenuhi Syarat ?
Motorplus Online
Editor: Malda Hot News —Jumat, 4 November 2022 11:15 WIB

Terasjabar.id - Baru-baru ini, anggota DPR dari komisi VII Mulyanto melakukan pengujian terhadap Pertalite dan Revvo 89. Kedua BBM itu dalam satu bulan terakhir memang tengah ramai diperbincangkan.
Di jagat sosial media, kualitas Pertalite dipertanyakan. Tidak sedikit yang menganggap Pertalite jadi lebih boros, terutama setelah harganya naik jadi Rp 10.000 per liter.

Biaya operasional kendaraan dikeluhkan sebagian pengguna Pertalite jadi membengkak. Revvo 89 dinilai menjadi alternatif atas anggapan Pertalite yang boros setelah harganya naik. Dengan harga jual beda tipis namun kadar oktan lebih rendah, Revvo 89 banyak diburu.

Mulyanto dalam akun Twitternya mengunggah hasil uji dua jenis BBM tersebut. Hasilnya, Revvo 89 yang notabene punya RON 89 namun dari hasil pengujian kadar RON-nya justru 90,7. Sedangkan Pertalite dengan angka oktan 90, kadar RON-nya 90,3.

Hasil uji Pertalite yang diunggah Mulyanto itu juga tidak jauh beda dengan pengujian yang dilakukan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi lewat Lemigas sebelumnya. Dari hasil pengujian tahap awal Lemigas, terlihat Pertalite di keenam SPBU memenuhi batasan mutu yang ditetapkan. Misalnya angka oktan di SPBU Abdul Muis 90,5, di Sunter 90,1, di S.Parman 90,2, SPBU Lenteng Agung 90,6, SPBU Taman Mini 90,7, SPBU Taman Mini 90,6.

Dari hasil tersebut, secara spesifikasi keduanya masih memenuhi standar sesuai Keputusan Direktur Jenderal Migas No.0486.K/10/DJM.S.2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM jenis Bensin RON 90 yang dipasarkan Dalam Negeri.

Sekadar mengingatkan, Pertalite sebelumnya sempat diuji oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi melalui Lemigas di tengah kabar yang menyebut BBM RON 90 Pertamina itu boros.

Tim Lemigas telah mengambil langsung sampel Pertalite di 6 SPBU kawasan Jakarta untuk diuji dan mendapat kepastian mutu. Adapun 6 SPBU yang diambil sampel Pertalite yaitu SPBU Lenteng Agung, SPBU Taman Mini (2 SPBU), SPBU Abdul Muis, SPBU di Sunter, dan SPBU di S.Parman.

"Sampel BBM Pertalite tersebut kemudian diuji di Balai Besar Pengujian Migas Lemigas Direktorat Jenderal Migas dengan prosedur dan standar pengujian yang baku untuk 19 parameter uji," kata Tutuka.


Baca artikel detikoto, "Pertalite Sudah Diuji Pemerintah, Hasil RON-nya Segini" selengkapnya https://oto.detik.com/berita/d-6386850/pertalite-sudah-diuji-pemerintah-hasil-ron-nya-segini.

Pertalite premium BBM Viral PT Pertamina Persero Pertamax Solar Viral Pertamina Dex MyPertamina Kenaikan BBM Jokowi Ekonomi SPBU Vivo Shell Pertamina Boros Hasil Uji Pertalite Hasil Uji Pertalite


Loading...