Pengrajin Sepatu Sukarisi Garut, Mengharapkan Perhatian Pemerintah Daerah

Pengrajin Sepatu Sukarisi Garut, Mengharapkan Perhatian Pemerintah Daerah
Editor: Malda Teras Garut —Jumat, 4 November 2022 10:11 WIB

Terasjabar.id - Garut | Para pengrajin Sepatu di Kampung Sukarisi, Desa Sukalaksana kecamatan Banyuresmi kabupaten Garut, mengharapkan Perhatian Pemerintah Daerah. Padahal para pengrajin sepatu di kampung tersebut, sudah ada sejak tahun 1990.

Menurut Yusup, salah seorang pengrajin Sepatu. Di kampung Sukarisi ada sekitar 20 pengrajin rumahan, yang memproduksi sepatu dari berbagai jenis. Dari mulai sepatu olahraga hingga sepatu untuk kantoran.

Dikatakan Yusup, produk sepatu Sukarisi tidak kalah kualitasnya oleh Cibaduyut Bandung. Bahkan katanya, sekarang ini banyak pengusaha Bandung yang memborong produknya untuk dipasarkan.

Untuk pemasarannya jelas Yusup, produk Sepatu Sukarisi sudah menembus ke Jawa Tengah, Jawa Timur serta beberapa kota besar lainnya di Nusantara. Dan Alhamdulillah menurutnya, sampai saat ini pesanan dari luar terus ada.

Namun para pengrajin yg mayoritas para pengusa kecil itu, hingga saat ini belum pernah mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah. Jangankan untuk permodalan, dilirikpun tidak pernah. Padahal menurut Yusuf, para pengrajin Sepatu di Sukarisi sudah ada sejak tahun 1990.

Untuk itu Yusup berharap, Pemerintah Daerah kabupaten Garut merangkul mereka, mengarahkan mereka untuk lebih meningkatkan produksinya. Paling tidak ada perhatian, sebab selama ini mereka benar-benar membutuhkan lirikan dari Pemkab Garut.

Para pengrajin sepatu di Sukarisi selama ini, seolah berjalan sendiri tanpa adanya perhatian sedikitpun dari Pemerintah. Padahal jelas Yusup, para pengrajin sepatu di Sukarisi sudah mengangkat nama Garut lewat hasil produksinya.- Yayat Ruhiyat.-

Garut Sepatu Sukarisi Banyuresmi Kab garut Pengrajin Sepatu viral Cibaduyut


Loading...