Kuningan Tampilkan Seni Rampak Genjring Di Porsenitas Pangandaran

Kuningan Tampilkan Seni Rampak Genjring Di Porsenitas Pangandaran
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 3 November 2022 11:41 WIB

Terasjabar.id - Pangandaran | Helaran seni budaya mewarnai Defile Porsenitas wilayah perbatasan Jabar - Jateng, dipusatkan di Alun-alun Pa'amprokan Kabupaten Pangandaran, Rabu Malam (2/11/2022).

Antusias warga yang haus hiburan menyaksikan Defile dengan berbagai atraksi kreasi seni budaya, yang ditampilkan 9 kabupaten/kota.

Kontingen Kuningan diiringi helaran Seni Rampak Genjring dibarengi shalawatan. Kolaborasi tiupaan terompet, bedug dan genjring manjadi daya tarik menggugah taglan"Kuningan Datang, Kuningan Menang".

Gambar

Menyusul Kabupaten Ciamis, menampilkan atraksi seni Munding Gulung dengan menghadirkan replika seperti 3 kerbau dengan alunan musik tradisional. Dilanjut Cilacap dengan calungnya diiringi tarian.

Kabupaten Cirebon menampikan atraksi Topeng Barong kolaborasi barongsai dengan topengnya, dan main api di mulut diiringi alunan musik kemongnya. Selain itu penampilan Seni Tari para jelita cukup memukau penonton.

Sementara itu, dari Kota Banjar menampilkan seni Jurig Sarengseng yang diiring terompet pencak diikuti rajah. Sosok Jurig ditampilkan mahluk besar yang terbuat dari Injuk dengan mata melotot dan lidah menjulur keluar didampingi pasukannya. Kabupaten Majalengka dengan atraksi seni tari terbaiknya dengan alunan tembang Sunda.

Gambar

Ketua Sekretariat Kuncibersama H. Acep Purnama selaku Bupati Kuningan menuturkan, dengan berbagai atraksi seni budaya, bukanya hanya sebatas tontonan melainkan ada tuntunan, didalamnya yang memiliki filosofi makna kehidupan.

“Seni budaya tadi banyak dilakukan generasi muda. Semoga khazanah ini, terus dijaga dan dilestarikan. Bagi generasi pupuhu untuk terus mengajarkannya. Indahnya kuncibersama dengan seni budaya,” ungkapnya usai berada dari podium bersama Bupati/walikota yang ada.

Salah satu warga Pangandaran dari Desa Babakan Oom (48) mengungkapkan, merasa terhibur sekali, "asa nembean mani rame kieu". Acarapun ditutup dengan atraksi terbaiknya dari Pangandaran dengan Seni Ronggeng.

(H Aboy)

Kuningan Rampak Genjring Viral Pangandarang Alun Alun Paamprokan Pangandaran


Loading...