Berikut Beberapa Cara Membangun Pemikiran yang Kritis

Berikut Beberapa Cara Membangun Pemikiran yang Kritis
Ilustrasi (Gurupendidikan.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 31 Oktober 2022 15:04 WIB

Terasjabar.id -- Mengutip criticalthinking.org, berpikir kritis adalah proses disiplin intelektual secara aktif dan terampil mengkonseptualisasikan, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan/atau mengevaluasi informasi yang dikumpulkan dari, atau dihasilkan oleh, pengamatan, pengalaman, refleksi, penalaran, atau komunikasi sebagai panduan untuk keyakinan dan tindakan.

Sebenarnya, penting bagi semua orang untuk bisa berpikir kritis. Karena permasalahan dalam hidup yang selalu ada dengan keberagamannya, pasti memerlukan cara penyelesaian yang rumit. Untuk membangun pemikiran yang kritis, ketahuilah lima tips di bawah ini.


1. Tanyakan Pertanyaan Mendasar

Kita mungkin merasa kita tak cukup pintar karena tak pernah terpikirkan pertanyaan apapun sampai seseorang memberikan sebuah jawaban yang seharusnya bisa kita pertanyakan sebelumnya. Maka kita perlu melatih pikiran kita dengan mempertanyakan segala hal dengan pertanyaa-pertanyaan dasar seperti apa, dimana, bagaimana, siapa, oleh siapa, kapan tepatnya, dan lain-lain.

2. Pertanyakan Asumsi Dasar

Sebenarnya semua hal yang nampak sederhana dan mendasar juga bermula dari sesuatu yang rumit. Sesederhana pertanyaan, kenapa oksigen di bumi tidak pernah habis?

3. Mengevaluasi Hal-Hal yang Ada

Evaluasilah semua hal yang ada di sekitarmu sampai kamu mengetahui dasar terbentuknya hal tersebut sampai wujud akhir yang bisa kamu lihat. Temukan hal rumit dari hasil evaluasi tersebut untuk melatih pikiranmu agar semakin kritis.

4. Jangan Percaya Semua Informasi yang Sampai Padamu

Pertanyakan tentang segala hal. Jangan hanya mengangguk ketika seseorang memberitahumu sesuatu. Jangan berpacu pada satu sumber yang ada di hadapanmu. Jadilah penasaran dan haus akan segala jenis informasi. Dengan begitu akan terbangun secara perlahan pikiran yang kritis yang tidak mudah dimanipulasi oleh siapapun.

5. Berpikir Secara Terbalik

Memikirkan suatu kebalikan dari sebuah informasi sangat berguna untuk menumbuhkan pikiran yang kritis. Contohnya sederhana saja, ketika angka satu ditambahkan dengan angka dua, apakah akan memiliki hasil yang sama kalau angka satu justru dikurangi angka dua?

Jika jawabannya sama, pertanyakan alasannya. Begitu pula kalau jawabannya berbeda.

Itu dia lima tips untuk membangun pemikiran yang kritis. Yuk, jangan mudah menelan suatu informasi secara mentah! Jadilah kritis dengan mempertanyakan segala hal.

Disadur dri Yoursay.id dan Suara.com 

Pikiran Tips Kritis Tindakan


Loading...