Bupati Kuningan Hadiri Pelantikan 96 Panwascam Terpilih

Bupati Kuningan Hadiri Pelantikan 96 Panwascam Terpilih
Editor: Malda Teras Kuningan —Senin, 31 Oktober 2022 10:09 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Pemerintah Kabupaten Kuningan mengucapkan selamat bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan yang baru dilantik, mudah-mudahan saudara-saudari dapat menjalankan amanah yang telah diberikan ini dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Hal ini dikatakan Bupati Kuningan H. Acep Purnama di De Jehan’s Boutique Hotel, Jl. Raya Sangkanhurip No.142, Panawuan, Kec. Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Sabtu (29/10/2022).

“Selamat saya ucapkan kepada para anggota Panwaslu kecamatan yang dilantik. Saya berharap seluruhnya dapat bekerja maksimal sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang sudah ditetapkan. Jaga netralitas dalam menjalankan amanah yang diberikan,” ucapnya.

Momentum ini merupakan bagian dari upaya kita bersama untuk semakin memperkokoh komitmen agar dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Tahun 2024 di Kabupaten Kuningan nantinya dapat terlaksana dengan dengan baik sehingga Pilkada yang aman, damai dan sejuk dapat tercipta.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada baik Presiden, Gubernur, Bupati, dan Walikota. Dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, menyatakan bahwa salah satu tugas Panwaslu adalah mengawasi persiapan penyelenggaraan pemilu serta pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu,” jelas Acep.

Oleh karena itu, kata Acep Purnama, Panwaslu sebagai personil yang mengawal tugas pengawasan pemilu harus dapat bersikap adil. Kejujuran dan sikap non partisan harus dimiliki dan dijunjung tinggi oleh setiap personil yang bekerja di Panwaslu serta melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah Kabupaten/Kota terhadap pelanggaran pemilu dan sengketa proses pemilu.

Gambar

Salah satu pilar penting dalam penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah aspek pengawasan, yang menjadi tugas yang saudara emban sebagai personil Panwaslu. Sinergi antara Panwaslu dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu menjadi harapan kita semua untuk terselenggaranya pesta demokrasi yang berkualitas, terang Bupati.

“Kepada anggota Panwaslu yang baru dilantik jagalah amanah yang dipercayakan kepada saudara/i, bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, bekerjalah setulus hati, hati-hati dan jangan sesuka hati,” pesan Bupati.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kuningan, Ondin Sutarman dalam sambutannya pada acara pelantikan tersebut menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan amanat UU No.7 tahun 2017. Berdasarkan regulasi itu, maka Bawaslu Kabupaten Kuningan melakukan rekrutmen anggota Panwaslu melalui Pokja mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, ujian tertulis dengan sistem CAT, hingga fit dan proper test.

“Awal mendaftar sebanyak 1000 orang, kemudian hasil seleksi administrasi sebanyak 923 orang dinyatakan lolos dan masuk seleksi tertulis dengan sistem CAT. Dari jumlah itu sebanyak 192 orang yang nilainya masuk. Selanjutnya ditetapkan sebanyak 6 orang untuk setiap kecamatan dengan perengkingan nilai tertinggi untuk mengikuti fit and proper test dengan materi wawasan pengetahuan, integritas, dan kerja penuh waktu. Berikutnya kemudian ditetapkan masing – masing kecamatan 3 orang sebagai anggota Panwaslu untuk 32 Kecamatan, jadi total sebanyak 96 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang terpilih” jelas Ondin.

Gambar

Ondin mengatakan, dilihat dari tahapan seleksi yang ada, dinilai tidak mudah hingga menjadi anggota Panwaslu. Oleh karena itu, kata Ondin, mereka yang dilantik ini adalah orang-orang pilihan. Dengan demikian, maka sebagai orang-orang pilihan dalam melaksanakan tugasnya harus menjaga sikap dan tingkah laku.

Ondin juga minta agar sebanyak 96 anggota Panwaslu yang baru dilantik dapat menjaga independensi, integritas, dan netralitas. Hal penting lainnya siap menjalankan tugas penuh waktu.

“Saya berharap kepada anggota Panwascam melaksanakan tugas sebaik-baiknya,Profesional, jaga kekompakan dan integritas, sehingga pemilu berjalan sesuai Undang-Undang,” Imbuhnya.

(H. Aboy)

Bupati Kuningan Viral Cigandamegkar H Acep Purnama Panwaslu


Loading...