WAJIB TAHU ! Ini Daftar Makanan yang Bisa Menjaga Fungsi Ginjal dan Meningkatkanya, Nomor 3 Paling Enak !

WAJIB TAHU ! Ini Daftar Makanan yang Bisa Menjaga Fungsi Ginjal dan Meningkatkanya, Nomor 3 Paling Enak !
Halodoc
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 29 Oktober 2022 10:34 WIB

Terasjabar.id - Ginjal adalah organ tubuh berbentuk kacang yang melakukan banyak fungsi penting pada tubuh. Ginjal bertanggung jawab untuk melakukan penyaringan, melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, menyeimbangkan cairan tubuh, juga memproduksi urine. 

Jika fungsi ginjal terganggu, tekanan darah menjadi tidak normal dan penyaringan dari makanan yang dikonsumsi tidak dapat  tersaring dengan baik. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal, seperti berat badan, gaya hidup, jenis kelamin, dan genetika. 

Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat. Melansir dari beberapa sumber, berikut makanan yang dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan fungsi ginjal. 

1. Kubis

Kubis
Kubis/foto: freepik.com/freepik

Melansir dari laman Healthline, kubis merupakan salah satu sumber vitamin K, vitamin C, dan vitamin B yang tinggi.

Selain itu, kubis juga menyediakan serat tidak larut, yang merupakan jenis serat untuk menjaga sistem pencernaan dengan memperlancar buang air besar secara teratur. 

Kubis juga rendah kalium, fosfor, dan natrium yang aman untuk kesehatan ginjal. Kubis merupakan sayuran yang mudah diolah dan dapat dijadikan makanan lezat apapun. 

2. Ubi Jalar

Ubi Jalar
Ubi jalar/foto: freepik.com/Racool_studio

Ubi jalar mengandung vitamin dan mineral, seperti potasium yang dapat menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan mengurangi efeknya pada ginjal.

Ubi jalar juga dipenuhi dengan sumber vitamin A, C, dan beta-karoten yang baik untuk sistem pencernaan. Namun, ubi jalar juga mengandung kalium yang cukup tinggi. Untuk penderita gagal ginjal kronis, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter atau membatasi asupan ubi jalar. Demikian yang dilansir dari laman Medical News Today

3. Buah Apel

Buah apel
Buah apel/foto: freepik.com/KamranAydinov

Buah apel adalah camilan sehat yang mengandung serat penting, yaitu pektin yang dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal, seperti gula darah tinggi dan kadar kolesterol.

Apel juga rendah kalium, fosfor, dan natrium yang aman untuk ginjal, seperti yang dilansir dari laman Kidney. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang tinggi dan sumber serat yang baik untuk mengatasi sembelit.

Vitamin C dalam buah apel penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan sistem kekebalan tubuh. 


4. Bunga Kol 

Bunga Kol
Bunga kol/foto: freepik.com/stockking

Kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin B, dan sumber yang baik dari banyak nutrisi, sayuran ini memiliki senyawa anti-inflamasi dan sumber serat yang baik.

Bunga kol dapat diolah dengan dikukus, dijadikan sup, atau olahan makanan lainnya seperti salad. Sayuran ini menjadi salah satu sayuran yang penting untuk ginjal.

Seperti yang dilansir dari laman Davita, bunga kol juga mengandung indoles, glukosinolat, dan tiosianat yang merupakan senyawa untuk membantu hati menetralkan zat beracun yang dapat merusak membran sel dan DNA.

5. Ikan Berlemak

Ikan Berlemak
Ikan berlemak/foto: freepik.com/freepik

Ikan salmon, tuna, sarden, merupakan ikan yang mengandung lemak bernama omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh, seperti jantung dan otak.

Kandungan omega-3 juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Selain itu, lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak dalam darah dan menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko penyakit ginjal. Demikian yang dilansir dari laman National Kidney Foundation.

(Sumber: Beautynesia.id)

Ginjal Viral Makanan Urine Tekanan Darah Apel Kubis salmon Ikan


Loading...