Ular King Kobra yang Tewaskan Pawangnya di Trenggalek Akan Dititipkan ke Panji Petualang

Ular King Kobra yang Tewaskan Pawangnya di Trenggalek Akan Dititipkan ke Panji Petualang
Kompas.com
Editor: Malda Hot News —Jumat, 28 Oktober 2022 11:32 WIB

Terasjabar.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur menitipkan penanganan King Kobra yang menewaskan tuannya, Imam Rokhani (49) kepada Yayasan Panji Petualang. Nantinya, Panji akan terjun langsung untuk menangani King Kobra ganas tersebut.


Anggota tim Panji Petualang, Dicky Firmansyah mengatakan, perkembangan penanganan akan disampaikan secara bertahap melalui medsos Panji. Namun, Dicky belum mengetahui secara pasti, apakah nantinya King Kobra tersebut akan dilepas ke alam bebas atau tetap dalam penampungan Panji.

"Yang jelas di penampungan dulu, nanti biar ditangani oleh Panji," kata Dicky, Kamis (27/10/2022).

Dua ular masing-masing sepanjang 4,5 meter dan 2,5 meter ini dijemput langsung oleh Dicky di kantor Satpol PPK Trenggalek. Ia mengatakan, setelah dari Trenggalek, dua ekor King Kobra itu akan diistirahatkan terlebih dahulu di Surabaya.

"Nantinya kami bawa ke shelter pusat di Purwakarta, Jawa Barat," imbuhnya.

Menurutnya, di pusat penampungan Panji Petualang banyak terdapat ular King Kobra dan ular berbisa lainnya.

"Di sana memang dikhususkan untuk ular kobra dan juga ular berbisa lainnya," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ular jenis King Kobra menewaskan tuannya, Imam Rokhani (49), seorang pawang ular warga Desa Ngrayung, Kecamatan Gandusari, Trenggalek. Almarhum Imam Rokhani telah memelihara ular tersebut selama 5 tahun.

Tapi, nasibnya berakhir tragis. Ia tewas dipatuk ular peliharaannya sendiri. Peristiwa itu terjadi saat Imam hendak memberi air minum kepada ularnya, Minggu (23/10).

Akibat patukan ular berbisa itu, Imam sempat dilarikan ke RSUD dr Soedomo Trenggalek. Namun, nyawanya tak tertolong.

Baca artikel detikjatim, "Panji Petualang Akan Tangani Langsung King Kobra yang Tewaskan Tuannya" selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6372991/panji-petualang-akan-tangani-langsung-king-kobra-yang-tewaskan-tuannya.


Ular King Kobra trenggalek Panji Petualang Imam Purwakarta Imam Dicky Firmansyah


Loading...