Ular Masuk Rumah Jangan Dibunuh ! Ini Alasannya

Ular Masuk Rumah Jangan Dibunuh ! Ini Alasannya
Tribunjogja
Editor: Malda Hot News —Jumat, 28 Oktober 2022 09:12 WIB

Terasjabar.id - Belakangan heboh berita tentang seorang pawang ular di Trenggalek tewas dipatuk king kobra peliharaannya pada Minggu (23/10/2022). Kekuatan racun pada bisa king kobra memang sangat kuat.
Ular pun merupakan reptil yang kerap ditakuti oleh masyarakat. Sebab, sebagian ular memiliki bisa yang sangat kuat dan beracun. Jika terpatuk ular, risikonya adalah kematian.

Seringkali, masyarakat panik ketika menemukan ular. Tak jarang, yang memilih untuk membunuh ular saat panik dan ketakutan.

Namun, tahukah Anda bila ular tidak boleh dibunuh? Mengapa? Simak penjelasan berikut ini.

Ular Tidak Boleh Dibunuh, Mengapa?


Melansir dari situs Universitas Gadjah Mada (UGM), Dosen Fakultas Biologi UGM Donan Satria Yudha menjelaskan mengenai alasan ular tidak boleh dibunuh. Terutama jika ular ditemukan di pekarangan atau dalam rumah.

Menurut Donan, ular yang ditemukan di pekarangan atau di dalam rumah menandakan bahwa hewan ini kehilangan habitat dan sumber makanannya. Sehingga ular menjelajah ke lingkungan tempat tinggal manusia.

"Ular yang masuk ke pekarangan menandakan banyak lahan sudah dikonversi, kondisi hutan habitat mereka sudah rusak. Kita sebaiknya menciptakan habitat buatan. Disediakan lahan untuk mereka," kata Donan.

Donan menjelaskan bahwa ular yang terlanjur masuk ke dalam rumah sebaiknya tidak dibunuh atau diganggu. Namun, perlu dikendalikan atau ditangkap untuk dilepas kembali.

Cara Menangkap Ular


Donan menyebut, proses penangkapan ular pun sebaiknya tidak dengan menyentuh langsung dengan tangan. Tetapi dengan menggunakan alat berupa tongkat kayu atau bambu untuk dimasukkan ke dalam kantung kain.

"Usahakan kepala ular jauh dari posisi kaki kita," kata Donan.

Agar terhindar dari gigitan ular, Donan pun menyarankan masyarakat berhati hati saat berjalan di daerah semak belukar, lapangan terbuka atau di rumah kosong yang tidak ditempati lagi. Sebab, ular menyukai daerah yang lembab atau berada di bawah tumpukan barang yang tidak pernah dibersihkan dalam waktu lama.

"Tempat yang lembab dan ada tumpukan jadi lokasi ular untuk menetap," paparnya.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai ular tidak boleh dibunuh serta cara menangkap ular. Hati-hati ya.

Baca artikel detikjatim, "Kenapa Ular Tidak Boleh Dibunuh? Ini Alasannya" selengkapnya https://www.detik.com/jatim/berita/d-6370304/kenapa-ular-tidak-boleh-dibunuh-ini-alasannya.

Ular Masuk Rumah Cara Menangkap ular Cobra Reptil UGM


Loading...