Barcelona Terlempak ke Europa League Usai Dipermalukan Bayern Munchen di Camp Nou ! Apa yang Salah Dari Blaugrana ?

Barcelona Terlempak ke Europa League Usai Dipermalukan Bayern Munchen di Camp Nou ! Apa yang Salah Dari Blaugrana ?
Barcelona menelan kekalahan di kandang saat menjamu Bayern Munchen. (REUTERS/NACHO DOCE)
Editor: Malda Sport Style —Kamis, 27 Oktober 2022 09:01 WIB

Terasjabar.id - Barcelona kalah 0-3 dari Bayern Munich di Liga Champions 2022-2023 menarik dikulik. Sebab, kekalahan ini membuat Barcelona dipastikan terpental ke ajang Liga Eropa 2022-2023.

Ya, pil pahit harus ditelan Barcelona kala menjamu Bayern Munich di Camp Nou, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB. Armada Xavi Hernandez diberondong 3 gol oleh Bayern lewat aksi Sadio Mane (10’), Eric Maxim Choupo-Moting (31’), dan Benjamin Pavard (90+5’).

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan Barcelona dipermalukan di markasnya sendiri. Apa saja? Berikut 5 penyebab Barcelona kalah 0-3 dari Bayern Munich di Liga Champions 2022-2023.

5. Sejumlah Pemain Cedera

Barcelona harus menghadapi lawan berat dalam kondisi skuad yang kurang baik. Pasalnya, sejumlah pemain cedera sehingga Xavi keterbatasan dalam menurunkan pemain.

Nama-nama pemain, seperti Gavi, Sergi Roberto, Ronald Araujo, hingga Andreas Christensen, harus absen dalam laga itu. Kehilangan sejumlah pemain itu pun tampak memberi dampak ke permainan Barcelona hingga akhirnya menelan kekalahan.

4. Finishing yang Buruk

Barcelona juga tampak buruk dalam hal finishing kala menjamu Bayern Munich. Skuad Xavi Hernandez tak membukukan satu pun tembakan tepat sasaran, padahal memiliki banyak peluang.

Tercatat, Barcelona memiliki sembilan peluang. Tak hanya itu, Barcelona juga diketahui mendominasi penguasaan bola hingga 52 persen.

3. Gagal Dapat Penalti

Barcelona diketahui gagal mendapat penalti kala melawan Bayern. Hal itu terjadi jelang berakhirnya laga babak pertama.

Kala itu, striker andalan mereka, Robert Lewandowski, dijatuhkan bek Bayern, Matthijs de Ligt, di kotak terlarang. Wasit Anthony Taylor pun menunjuk titik putih. Namun, tinjauan VAR membuktikan De Ligt tidak melakukan pelanggaran terhadap Lewandowski. Alhasil, hadiah penalti dianulir.


Jika saja penalti benar diberikan kepada Barcelona dan sukses berbuah menjadi gol, bisa saja hal itu memantik semangat lebih kepada anak asuh Xavi. Alhasil, mereka berpotensi bangkit di babak kedua dan mendulang kemenangan.

2. Barcelona dalam Tren Negatif di Liga Champions

Faktor terakhir adalah Barcelona memang berada dalam tren negatif di Liga Champions 2022-2023. Mereka hanya menang 1 kali dalam 5 laga terakhir yang dilakoni. Tiga laga lainnya berakhir dengan kekalahan, sementara satunya lagi imbang.

Tren performa yang tengah menurun ini pun tampak berlanjut ke laga melawan Bayern. Mereka masih kesulitan untuk meraih kemenangan hingga terpental ke Liga Eropa.

1. Lini Belakang Barcelona Tak Bekerja Optimal

Faktor berikutnya adalah lini belakang Barcelona yang tak bekerja optimal. Alhasil, Bayern pun bisa dengan mudah menjebol gawang Barcelona.

Bahkan, Bayern sudah membuka keunggulan pada menit ke-10 lewat aksi Sadio Mane. Buruknya lini pertahanan Barcelona sendiri sejatinya sudah terlihat dalam laga-laga sebelumnya.


Barcelona kerap kebobolan banyak gol. Salah satunya kala melawan Inter Milan di Liga Champions 2022-2023. Mereka harus kebobolan 3 gol. Beruntung, Lewandowski cs bisa membalasnya dengan 3 gol kembali.

Barcelona Europa League Bayern Munchen Camp Nou blaugrana liga Champions Europa League


Loading...