13 Jajanan Olahan Aci Yang Hanya Ada di Jabar Dari Cipok Hingga Cirambay ! Kalian Pernah Coba yang Mana ?

13 Jajanan Olahan Aci Yang Hanya Ada di Jabar Dari Cipok Hingga Cirambay ! Kalian Pernah Coba yang Mana ?
Resepedia/ Jajanan Cirambay
Editor: Malda Kuliner —Rabu, 26 Oktober 2022 10:35 WIB

Terasjabar.id - Kota Bandung punya ribuan kuliner yang menggiurkan. Tak hanya mampu menyuguhkan kuliner dengan rasa yang enak, tapi juga mampu menyulap satu bahan menjadi puluhan santapan. Yakni cukup dengan tepung aci (tepung tapioka atau tepung kanji), mampu diolah menjadi makanan yang lezat dan disukai banyak orang.
Tak terhitung berbagai olahan aci yang menjamur di Bandung, seperti cilor, cimol, cilok, cireng, dan masih banyak lagi. Nama-nama kudapan yang berupa akronim tersebut rupanya dari masa peralihan abad 19 hingga 20. Sebagian besar kudapan tersebut berasal dari bahan baku yang sama, yaitu aci atau dalam bahasa Indonesia disebut tepung tapioka.

Hal tersebut dijelaskan oleh Sejarawan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran Fadly Rahman, dalam artikel di laman Universitas Padjadjaran. Akademisi yang menggeluti sejarah kuliner Indonesia tersebut menerangkan bahwa Jawa Barat pada masa kolonial merupakan kawasan produsen tepung tapioka terbesar di Indonesia.

Inilah yang membuat jajanan Sunda begitu melimpah dan mayoritas menggunakan bahan baku dari tepung tapioka. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait kuliner dengan bahan aci, berikut ini 20 olahan aci yang terkenal lezat dan tersebar di kota Bandung.

1. Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan ringan ini biasanya banyak dijumpai di depan sekolah-sekolah, pasar, dan bahu-bahu jalan. Sesuai namanya, cara membuatnya yakni dengan menggoreng campuran adonan yang berbahan utama aci.

Cireng memiliki isian yang beragam seperti ayam, bakso, sosis, keju, dan lainnya. Nah untuk membedakan isinya, biasanya pedagang akan membuat bentuk cireng berbeda-beda. Biasanya bentuk cireng yang pipih akan dibuat beragam seperti bintang, bulan sabit, dan lainnya. Unik ya?

Namun sekarang justru yang lebih banyak populer adalah cireng frozen yang bisa digoreng sewaktu-waktu, kemudian disantap dengan bumbu pedas manis gurih atau bumbu rujak. Sedap saat disantap selagi hangat.

2. Cipuk

Cipuk merupakan singkatan dari aci kerupuk. Akhir-akhir ini, penjual cipuk mulai menjamur. Cipuk banyak digandrungi sebab memiliki rasa yang unik, karena luarnya diberi remahan kerupuk warna-warni. Saat menggigit, bagian luarnya terasa renyah, rasa yang gurih dengan tekstur kenyal saat dikunyah.

Cipuk biasanya disajikan dengan sambal rujak yang memang memiliki citarasa pedas. Namun kini, cipuk banyak hadir dengan bumbu tabur aneka rasa seperti keju, balado, jagung bakar, asin atom, pedas aida, dan masih banyak lagi.

3. Cimol

Cimol berasal dari bahasa Sunda aci digemol. Gemol merupakan cara pembuatannya yaitu dipilin sampai bundar kecil. Dilansir dari laman Kota Bandung, dijelaskan bahwa awalnya cimol hanya disajikan dengan dua bumbu tabur yakni asin dan pedas.

Kini, cimol semakin menjamur bahkan hingga keluar daerah Sunda. Bumbu tabur cimol pun beragam seperti pedas, asin, balado, keju, barbeque, dan masih banyak lagi. Tekstur cimol saat masih hangat ialah kulitnya garing dan kenyal saat digigit.

Variasi cimol pun tak sekedar pada bumbu taburnya, tetapi juga mulai dimodifikasi dengan isian seperti ayam atau mozarella. Tak hanya itu, sekarang juga ada cimol bojot yang lebih kaya rempah sebab menggunakan bawang dan lebih banyak bumbu.

4. Cilok

Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Cilok adalah makanan legendaris yang mudah dijumpai di pusat jajanan sekolah. Cilok punya rasa yang enak karena terbuat dari campuran lemak dan kaldu ayam.

Cilok identik dengan bumbu kacangnya yang lekoh, kecap, dan saus sambal. Tetapi, dibeberapa pedagang ada juga yang menyajikannya dengan kuah dan tetelan persis seperti menyajikan bakso. Sekarang cilok pun biasa disajikan dengan isian seperti jando atau lemak sapi, serta bisa juga diisi mozarella.

5. Cilung

Cilung merupakan akronim dari aci digulung. Laman Ensiklopedi Kuliner PMB LIPI menerangkan bahwa sejarah terkait makanan ini sayangnya tidak diketahui. Cilung punya tekstur yang kenyal, namun bedanya adonan disajikan bersama campuran telur, digulung, kemudian digoreng.

Seperti biasa, sajian olahan aci ditemani dengan bumbu tabur yang beraneka rasa. Dua bumbu tabur jagoannya yakni adalah asin Atom Bulan dan pedas Aida.

6. Cibay

Cibay adalah singkatan dari aci ngambay. Sesuai namanya, tekstur dari makanan ini sangat kenyal. Dibungkus dengan kulit lumpia membuat garing di luar dan lembut kenyal di dalam. Mirip seperti martabak telur namun dengan isian aci. Semakin nikmat saat disantap selagi masih hangat.

7. Cimin

Aci mini, disingkat cimin ini adalah jajanan yang sering kali dijumpai. Sesuai namanya, cimin memiliki bentuk kotak kecil-kecil yang dimasak dengan paduan telor yang sekedar dituang saat sedang menggoreng. Biasanya, cimin punya bumbu yang lekoh untuk mendampingi. Cara membuatnya sebetulnya mirip dengan cilok.

8. Cigor

Cigor adalah cilok digoreng. Nah makanan ini punya cara olahan yang sama persis seperti cilok. Namun jika cilok dikukus atau direbus, cigor justru langsung digoreng. Cigor cukup tenar di Tasikmalaya, biasanya punya isian daging ayam cincang. Bumbunya beragam dari pedas manis, cabe ijo, asam pedas, kemudian masih ditaburi lagi dengan ayam cincang kering.

9. Cece atau Cocol

Cece atau colak colek adalah makanan dengan bahan dasar aci yang mungkin belum terlalu banyak didengar. Adonan dari cece ini lebih cair dan penggorengannya hampir mirip seperti wajan surabi. Cece merupakan adonan aci yang dicampur dengan telur, daun bawang, bahkan jika berselera maka kamu bisa minta tambahkan pilus.

10. Cilor

Cilor merupakan akronim dari aci dan telor. Cilor biasa ditemui di pinggir jalan sebagai jajanan murah dan enak. Berbahan dari tepung kanji yang dibuat kenyal dan campuran telur, lalu ditambahkan bumbu penyedap berbagai rasa.

Bedanya dengan cimin adalah telur dalam cilor berfungsi untuk mengikat aci yang sudah dipotong kecil-kecil. Sehingga bentuk adonan lingkaran. Makanan ini sudah menjadi jajanan favorite dengan bumbu tabur yang beragam.

11. Cihu

Cihu atau aci tahu akhir-akhir ini banyak diperbincangkan. Meskipun jajanan ini belum banyak ditemui, namun cihu menarik perhatian karena variasi aci yang semakin menambah lezat. Cihu mirip seperti tahu bakso, namun tak menggunakan isian tahunya. Sehingga hanya kulit tahu dan aci.

Nah, yang membuat kuliner ini mantap adalah varian pendampingnya. Biasanya cihu disajikan dengan bumbu yang super pedas. Sementara untuk cihu kuah, disajikan mirip seperti seblak dengan kuah rempah yang kental dan pastinya pedas.

12. Cipok

Kamu pasti sedikit tertawa membacanya, tapi memang ada kuliner namanya cipok. Cipok adalah cireng popcorn. Seperti namanya, cireng diolah dengan bentuk yang kecil-kecil mirip seperti popcorn. Cipok disajikan dengan dua cara, yakni cipok kering atau cipok basah. Kedua penyajian tersebut dibedakan karena bumbunya, yang kering menggunakan bumbu tabur sementara basah untuk bumbu cair.

13. Cirambay

Bisa dibilang ini adalah olahan aci yang paling berbeda dari yang lain. Sebab cirambay bentuknya mirip seperti kwetiaw. Cirambay artinya aci ngarambay atau aci yang terurai. Cirambay jadi favorit warga Sunda dengan sajian bumbu basah yang seperti biasa begitu kuat dan pastinya pedas.


Baca artikel detikjabar, "20 Olahan Aci Terkenal di Bandung, Ngeunah Pisan!" selengkapnya https://www.detik.com/jabar/kuliner/d-6312153/20-olahan-aci-terkenal-di-bandung-ngeunah-pisan.

Jajanan Olahan Aci Jabar bandung Cireng Cipok Cirambay Viral Kota Bandung Makanan Enak Jajanan Enak kota bandung


Loading...