Berikut Beberapa Alasan Kenapa Kucing Oren Begitu Spesial Menurut Sains

Berikut Beberapa Alasan Kenapa Kucing Oren Begitu Spesial Menurut Sains
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 24 Oktober 2022 14:34 WIB

Terajsabar.id - Tingkah laku kucing oranye atau kucing oren yang barbar membuat cat lovers geleng-geleng kepala. Selain dikenal sebagai “preman”, kucing oren ternyata penyayang.

Bahkan kucing oyen begitu spesial menurut sains. Salah satunya, penelitian menyebutkan kucing oren jantan menikmati status sosial mereka.

Kucing “tabby” ini bahkan dijadikan karakter dalam film, seperti Garfield. Tahu kan bagaimana sifat Garfield! Meski nggak sama persis dengan serial kartun, ada alasan kenapa kucing oren begitu spesial menurut sains.

Melansir Psychology Today, penelitian di Prancis pada 1982 hingga 1992 mengumpulkan 56-491 kucing masing-masing di 30 populasi.

Mereka menemukan tren yang menarik berkaitan dengan kucing oren. Berikut selengkapnya:

Strategi Kawin

Kucing oren di pedesaan ternyata memiliki sistem perkawinan yang cenderung poligini. Kucing yang jantan hanya kawin dengan beberapa betina, sedangkan betina lebih menyukai kawin dengan satu jantan saja.

Di lingkungan perkotaan, kucing oren dewasa baik betina dan jantan memiliki beberapa pasangan.

Suka Berantem

Kalau mau dibilang kucing oren kayak “preman”, sepertinya sains kurang lebih menyatakan demikian. Kucing oranye lebih sulit ditemukan di daerah dengan risiko kematian yang besar.

Artinya, kucing oranye mungkin lebih cenderung terlibat dalam perilaku berisiko yang mengakibatkan kematian.

Punya Dimorfisme

Dimorfisme atau ciri yang menunjukkan perbedaan jenis kelamin dapat terlihat pada kucing oranye. Kucing oranye jantan memiliki berat badan yang lebih ketimbang kucing warna lain.

Sementara kucing oranye betina beratnya kurang dari kucing warna lain. Pola seperti itu telah tercatat sebelumnya dalam sebuah penelitian di Australia.

Tiga keunikan tersebut membuat peneliti menghasilkan teori, kucing oranye khususnya jantan memiliki strategi reproduksi yang berbeda. Ukuran mereka yang lebih besar kemungkinan menjadikan mereka lebih agresif.

Kucing oranye jantan juga menikmati status sosial mereka karena ukurannya sehingga terjadi keberhasilan reproduksi, terutama di lingkungan pedesaan.

Disadur dari Suara.com 

Kucing Oren Sains Tren MEnarik


Loading...