Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Jengkol

Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Jengkol
Ilustrasi (Halodoc : Google)
Editor: Epenz Life Style —Sabtu, 22 Oktober 2022 15:43 WIB

Terasjabar.id - Beberapa orang memilih untuk membatasi konsumsi jengkol atau bahkan tidak memakannya karena baunya yang tidak sedap. Padahal, ada banyak cara mudah untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol ,lho.

Bau jengkol sendiri sebenarnya diakibatkan oleh asam amino yang mengandung sulfur atau belerang. Dilansir dari laman health edu, berikut cara menghilangkan bau jengkol yang patut Anda coba.


1. Kopi bubuk

Aroma yang kuat pada kopi bubuk terbukti dapat menyingkirkan bau yang mulut yang menguar setelah makan jengkol. Caranya, cukup gosokkan bubuk kopi tanpa tambahan air ke dalam mulut lalu kunyah sebentar.

Setelah itu, kumur dengan air bersih dan buang bubuk kopi yang mungkin masih menempel di langit-langit mulut atau sela-sela gigi.

2. Daun kemangi

Tidak hanya sebagai lalapan, daun kemangi rupanya juga bisa digunakan untuk membasmi bau mulut akibat jengkol

Dengan khasiat ini, tidak heran jika daun kemangi atau Ocimum canum ini kerap dijadikan sebagai salah satu bahan herbal untuk mencegah bau mulut.

3. Yogurt

Selain mengandung bakteri baik untuk memelihara kesehatan usus, salah satu produk olahan susu ini juga berfungsi untuk mengurangi bau mulut akibat belerang dalam jengkol.

Anda bisa langsung minum yogurt setelah makan jengkol. Sebaiknya pilih yogurt dengan rasa plain yang juga lebih sehat untuk tubuh.

4. Gosok gigi

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol selanjutnya tentu saja dengan menggosok gigi tepat setelah makan jengkol. Pastikan untuk menyikat gigi sampai ke bagian dalam dan juga membersihkan bagian lidah. Gunakan pasta gigi dengan kandungan fluoride yang dapat membantu mengurangi bau mulut.

5. Gunakan mouthwash dan flossing

Tidak hanya membunuh kuman dan bakteri, obat kumur dan flossing gigi juga dapat membantu menghilangkan bau mulut, salah satunya yang diakibatkan oleh jengkol. Mouthwash biasanya juga dilengkapi dengan bahan aktif yang membuat pernafasan jadi lebih lega.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat meminimalisir bau mulut karena jengkol dengan memasaknya terlebih dahulu sebelum dimakan. Hindari atau setidaknya kurangi makan jengkol yang masih mentah. Anda bisa memakannya setelah digoreng atau direbus.

Minum dan berkumur air putih yang banyak tepat setelah makan jengkol juga dapat mengurangi bau mulut, karena dengan ini sisa-sisa jengkol yang masih menempel di sekitar mulut bisa langsung hilang.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol, selamat mencoba dan semoga berhasil! Semoga dengan tips ini Anda bisa makan jengkol dengan lebih nyaman.

Disadur dari Suara.com 

Jengkol Bau Mulut Cara Menghilangkan Bau


Loading...