Berikut Beberapa Tipe Orang yang Suka Menunda

Berikut Beberapa Tipe Orang yang Suka Menunda
Ilustrasi (Lifestyle Okezone : google)
Editor: Epenz Life Style —Sabtu, 22 Oktober 2022 13:50 WIB

Terasjabar.id -Kebiasaan menunda-nunda harus bisa kita hindari sebisa mungkin. Kebiasaan ini hanya akan mendatangkan banyak dampak negatif, mulai dari tugas atau pekerjaan yang menumpuk, hingga kemungkinan untuk mengalami stres yang lebih tinggi.

Menurut ahli psikologi bernama Dr. Roy Baumeister, orang yang disebut sebagai penunda adalah mereka yang memiliki pekerjaan, tugas, atau kegiatan lainnya yang sudah menumpuk dan mendekati waktu tenggat terakhir, tetapi masih bisa bersantai seakan tidak ada beban tanpa berusaha untuk menyelesaikannya.


Ternyata, orang yang suka menunda juga ada banyak tipenya lho! Berikut ini adalah beberapa tipe orang yang suka menunda sesuatu.

1. The perfectionis

Tipe pertama adalah mereka si perfeksionis. Karena ingin memberikan hasil yang memuaskan, orang yang perfeksionis jadi terus menunda mengerjakan sesuatu.

Mereka terus menunda karena khawatir dan cemas apa yang mereka kerjakan tidak sempurna. Mereka juga cenderung menunda melakukan sesuatu karena menunggu mood yang baik terlebih dahulu.

2. The ostrich

Tipe kedua adalah the ostrich atau mereka yang menunda mengerjakan sesuatu dengan alasan takut nantinya hasil yang didapatkan tidak sesuai atau bahkan gagal.

Mereka pada akhirnya memutuskan untuk tidak menyelesaikan pekerjaannya daripada harus berhadapan hasil yang tidak memuaskan.  Mereka biasanya juga hanya bisa membayangkan hasil pekerjaan, tetapi tidak punya keinginan nyata untuk melakukannya.

3. The daredevil

Tipe yang satu ini mungkin yang paling sering dialami oleh orang-orang. The daredevil adalah orang yang suka menunda pekerjaan atau kegiatan hingga mendekati deadline dengan prinsip sistem kebut semalam.

Mereka merasa bahwa mereka lebih mendapatkan inspirasi ketika berada di bawah tekanan dan menikmati menyelesaikan pekerjaan di menit-menit terakhir mendekati deadline.

4. The self saboteur

Sesuai namanya, tipe ini menganggap bahwa jika mereka tidak melakukan apa-apa, maka mereka tidak akan mengalami kegagalan atau hal buruk

Padahal, pemikiran ini sebenarnya hanya pengecoh dari rasa ketakutan untuk berbuat suatu kesalahan. Orang dengan tipe ini cenderung pesimis dan tidak percaya dengan kemampuan sendiri. 

Itulah empat jenis orang yang suka menunda-nunda sesuatu. Kamu termasuk salah satu di antaranya?

Disadur dari Yoursay.id

Tipe Orang Menunda Psikologi


Loading...