TERNYATA Ini Alasan Orang India Mengaduk dan Sajikan Makanan Dengan Tangan Lansung, Penyaluran Lima Elemen Kehidupan ?

TERNYATA Ini Alasan Orang India Mengaduk dan Sajikan Makanan Dengan Tangan Lansung, Penyaluran Lima Elemen Kehidupan ?
Pikiran Rakyat/.Google
Editor: Malda Teras Viral —Sabtu, 22 Oktober 2022 09:05 WIB

Terasjabar.id -  Pernahkah melihat orang India mengaduk dan menyantap makanan pakai tangan? Ya memang terkesan jorok, tapi ini merupakan salah satu keunikan budaya India. Apa alasannya?

Meskipun di Indonesia makan menggunakan tangan langsung juga sangat lumrah, tetapi untuk masyarakat India terdapat perbedaannya. Mereka lebih ekstrem.

Mungkin saja Anda pernah melihat cuplikan video di media sosial (medsos) orang India berjualan makanan dan mengaduk-aduk makanan itu dengan tangannya langsung. Bahkan ada yang terlihat tidak membersihkannya lebih dulu.

Setelah itu, makanan yang disajikan tersebut langsung disantap oleh pembelinya. Sebagian besar menggunakan tangan, maka bisa dibayangkan dari tangan berbeda ke tangan lainnya dalam satu makanan, lalu disantap langsung.

Namun sebenarnya menyajikan, mengaduk -aduk hingga menyantap makanan dengan tangan langsung, bagi masyarakat India hal tersebut sudah biasa. Sebab kebiasaan ini sudah ada sejak dulu.

Hal ini karena menurut masyarakat India sendiri, mengolah dan menyantap makanan langsung menggunakan tangan 'telanjang' akan memberikan sensasi tersendiri. Juga dianggap akan menambah nafsu makan. Kemudian menggunakan tangan pun bisa memperkirakan suhu dari makanan itu sendiri.


Selain itu, menurut mereka makan menggunakan tangan juga diyakini sebagai saluran lima elemen kehidupan, yakni udara, api, air, tanah atau bumi, dan akaca (ruang angkasa).

Kebanyakan pula, street food India juga kerap dianggap jorok oleh orang asing. Tapi bagi masyarakat India sendiri hal ini dianggap sangat wajar, malahan mereka menyantapnya dengan lahap. Berikut tiga diantaranya:

1. Jhal Muri

Jhal muri merupakan street food asal India yang populer di Bengal, bahan utamanya menggunakan puffed rice yang dicampur dengan mentimun, bawang bombay, dan aneka lauk berbumbu kari. Lalu disajikan langsung menggunakan tangan telanjang.

Penjual jhal muri biasanya dilakukan oleh perempuan. Seluruh makanannya disimpan di dalam baskom berukuran besar, dan tak mengenal tempat sekalipun di sekitarnya becek atau dekat dengan tempat sampah.

Ketika ada pembeli, penjual makanan ini akan langsung menyajikannya dengan menggunakan tangan telanjangnya. Entah sebelumnya dia sudah mencuci tangannya, atau belum tak ada yang tahu. Meski demikian, kuliner satu ini laku keras lho.

2. Chennai

Selanjutnya chennai. Makanan ini disajikan di atas daun, lalu Anda akan diberikan bumbu-bumbu khas bersama nasi yang dituangkan langsung menggunakan tangan.

Penjual akan berkeliling, jika ada pelanggan yang kehabisan bumbu dan nasinya. Lalu penjual tersebut akan memberikannya lagi, langsung menggunakan tangannya.


3. Doh Khileh

Doh Khileh merupakan campuran irisan bawang merah, dan diberi potongan daging babi sebagai toppingnya. Bahkan otak babi yang sudah dikukus pun juga ikut dimasukkan ke dalamnya.

Semua bahannya dicampur menggunakan tangan telanjang, bukan memakai sendok sebagai alat pengaduknya. Beberapa penjualnya bahkan tidak sempat mencuci tangannya dulu, sebelum mengolah jenis salad satu ini.


(Sumber: Okezone.com)

India Makanan Olahan Makanan India Tangan Telanjang Alasan Orang India sajikan makanan langsung menggunakan tangan ]


Loading...