FAKTA-FAKTA 5 Obat Sirup yang Ditarik Oleh BPOM Karena Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal Pada Anak, Mengandung Etilen Glikol !

FAKTA-FAKTA 5 Obat Sirup yang Ditarik Oleh BPOM Karena Bisa Sebabkan Penyakit Ginjal Pada Anak, Mengandung Etilen Glikol !
SINDONews
Editor: Malda Teras Health —Jumat, 21 Oktober 2022 11:06 WIB

Terasjabar.id - Kasus gagal ginjal akut berujung penyebutan 5 obat sirup yang tercemar Etilen Glikol (RG) dan Dietilan Glikol (DEG) berlebih. Masyarakat sampai geger seharian.
Inilah rekaman keriuhan di media sosial dari sejak temuan Badan Pengawan Obat dan Makanan RI (BPOM) sampai akhirnya merk obat tersebut diumumkan, seperti dihimpun detikINET, Jumat (21/10/2022).

1. Ada temuan cemaran Etilen Glikol, para ibu resah


Sejak Rabu, Kemenkes mengumumkan ada 15 obat sirup mengandung Etilen Glikol. Namun merek obat tidak disebutkan, hanya masyarakat diimbau menghindari pemakaian semua obat sirup.

Alhasil, timbul keresahan para netizen terutama para emak-emak. Pencarian 'parasetamol', 'paracetamol', 'obat sirup' meningkat di Twitter seperti dipantau Kamis (20/10) siang.

Apalagi semenjak kasus gagal ginjal akut pada anak menelan korban yang banyak. Netizen pun ramai-ramai berkomentar mengenai kasus tersebut menyampaikan keresahan mereka.

"Jadi was-was terus. Keinget adik-adik di rumah yang kebiasaan kalau sakit pasti minum Paracetamol sirup. Semoga kalian sehat-sehat selalu yaaa

Obat Sirup viral anak konimex termorex obat anak unibebi obat sirup etilen glikol


Loading...