JANGAN PANIK ! Begini 8 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

JANGAN PANIK ! Begini 8 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut
CNN Indonesia
Editor: Malda Life Style —Kamis, 20 Oktober 2022 10:40 WIB

Terasjabar.id - Makanan pedas memang termasuk hidangan yang paling enak untuk dinikmati. Namun bila berlebihan, rasa pedas yang terlanjur menempel di lidah pun menjadi sulit dihilangkan. Belum lagi sensasi mulut terbakar hingga memicu sakit perut yang kerap timbul setelahnya. Untuk itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan pedas di mulut dengan cepat.

Mulai dari minum air hangat hingga makan makanan manis seperti coklat. Cari tahu cara menghilangkan pedas dengan cepat lainnya secara lengkap dalam artikel di bawah ini!

8 Cara Menghilangkan Pedas di Mulut dengan Cepat

Bila air putih tak cukup membantu, Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan pedas di mulut seperti

1. Minum susu

Cara pertama ini termasuk yang cukup populer dan paling banyak dicoba. Namun sebenarnya, mengapa susu bisa menghilangkan pedas? Sebab, kandungan senyawa protein bernama kasein yang ternyata mampu memecah capsaicin atau zat pemicu rasa pedas dalam cabai sehingga memberikan efek relaksasi atas rasa terbakar pada lidah dan mulut.

Selain itu, capsaicin dan kasein juga sama-sama bersifat non polar. Artinya, lemak dalam susu dan kasein mampu mengikat capsaicin sehingga timbulnya zat pemicu rasa pedas ini pun dapat dicegah sebelum terlanjur menempel pada reseptor lidah dan mulut. Itulah mengapa susu bisa menghilangkan pedas.

Jika tertarik mencobanya, sebaiknya pilihlah susu segar yang dinilai lebih efektif dibandingkan susu bubuk. Anda juga dapat memilih ragam olahan susu seperti yoghurt dan keju sebagai alternatif penggantinya.

2. Konsumsi madu atau gula

Dilansir dari Tim Narivi dalam bukunya yang berjudul 1001 Makanan Sehat, mengkonsumsi satu sendok madu atau gula adalah salah satu cara menghilangkan pedas dengan cepat. Di samping itu, kedua zat ini pun mengandung sukrosa yang membantu mempercepat proses pengeluaran capsaicin dari dalam rongga mulut.

Selain itu, sukrosa juga dapat memberikan efek analgesik sehingga mampu mengurangi sensasi pedas yang diakibatkan capsaicin [1].

3. Makan nasi atau roti

Nasi dan roti adalah dua sumber karbohidrat dengan pati yang mampu memunculkan tekstur kasar di mulut. Akibatnya, reseptor di lidah pun akan menangkap sinyal berbeda sehingga tidak dapat mendeteksi rasa pedas dari zat capsaicin. Selain itu, karbohidrat juga bisa membantu menyerap sejumlah capsaicin sekaligus mencegahnya masuk ke dalam tubuh [2].

4. Minum minuman asam

Salah satu cara menghilangkan rasa pedas di mulut yaitu cengan minum minuman asam seperti air perasan jeruk, sari lemon, ataupun nanas. Hal itu bisa terjadi karena tingginya kandungan asam dalam minuman asam tersebut mampu menenangkan sensasi rasa pedas sekaligus panas.

5. Konsumsi selai kacang

Kandungan gula dalam selai kacang ternyata pun mampu membantu meredakan sensasi terbakar yang mungkin Anda rasakan setelah makan makanan pedas. Bukan hanya itu, selai kacang juga mengandung lemak yang cukup tinggi. Jadi tak mengherankan memang bila mengonsumsi selai kacang termasuk cara menghilangkan pedas di mulut dengan cepat.

6. Makan coklat

Kombinasi rasa pahit sekaligus manis pada coklat inilah yang membuatnya dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan pedas dengan cepat dan efektif. Apalagi mengingat kandungan lemak dalam coklat cukup tinggi, senyawa capsaicin dari cabe yang menempel di lidah dan mulut pun dapat hilang dengan sendirinya.

Untuk jenis coklatnya sendiri juga bebas. Anda bisa memilih coklat batangan maupun susu jika ingin mencobanya.

7. Manfaatkan garam

Siapa sangka, cara menghilangkan pedas di mulut ternyata juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan garam dapur di rumah. Dilansir dari Windya Novita dalam bukunya yang berjudul Buku 124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit, membubuhkan sedikit garam di bagian bawah lidah akan sangat membantu menetralkan rasa pedas.

8. Minum air hangat

Banyak yang berpikir bahwa minum air dingin adalah cara menghilangkan pedas dengan cepat. Namun sebaliknya, tak sedikit juga yang berpendapat bahwa justru minum air hangatlah penghilang rasa pedas sebenarnya.

Melihat hal ini, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB yaitu seorang pakar kesehatan pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan bahwa anjuran untuk minum air saat merasa pedas memang benar. Sebab, air dapat membuat senyawa capsaicin menjadi lebih encer yang secara perlahan pun mampu menghilangkan rasa pedas.

Lalu, kenapa air panas bisa menghilangkan rasa pedas? Nah walau mungkin dalam sesaat sensasi pedas rasanya semakin bertambah, menurutnya, air hangat lebih direkomendasikan untuk diminum agar manfaat tersebut bisa lebih terasa.

Selanjutnya, dr Ari juga menambahkan bahwa air bersuhu hangat memiliki efek pengencer yang lebih baik bila dibandingkan dengan air dingin [3]. Itulah kenapa air panas bisa menghilangkan rasa pedas. Tertarik mencobanya?

Itu dia 8 cara menghilangkan rasa pedas di mulut dengan cepat yang bisa Anda lakukan bila tengah mengalaminya. Tak perlu khawatir, sensasi pedas ini umumnya bersifat sementara. Untuk mencegahnya, sebaiknya tambahkanlah cabai secukupnya agar tidak terlalu pedas.

(Sumber: Sehataqua.co.id)

Makanan Pedas Viral Kepedasan Mulut Air hangat Susu


Loading...