Anggaran Ganti Rugi Jalan Sepanjang 10,8 KM Baru Tersedia Rp 30 Miliar

Anggaran Ganti Rugi Jalan Sepanjang 10,8 KM Baru Tersedia Rp 30 Miliar
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 20 Oktober 2022 09:25 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Pembangunan jalan Lingkar Timur Selatan (LTS) antara Ancaran-Kadugede sepanjang 10,8 KM akan segera direalisir setelah melalui tahapan, sosialisasi kepada para pemilik tanah, pengukuran ulang oleh ATR/ BPN Provinsi Jawa Barat dan realisasi pembayaran ganti rugi kepada pemilik tanah, yang diagendakan bulan November 2022 mendatang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas DPPKP kabupaten Kuningan Ir. Putu Bagiasna, saat diwawancarai diruang kerjanya, Rabu (19/10/2022).

Untuk pembayaran ganti rugi bagi pemilik tanah tersebut, diperlukan anggaran total sebesar Rp 60 miliar lebih. Namun saat ini baru tersedia Rp 30 miliar. Sedangkan kekurangannya akan diusahakan pada awal tahun 2023, ungkapnya.

Gambar

Kepala DPPKP Kab.  Kuningan ir.Putu Bagiasna


Pembayaran ganti rugi sambung Putu, akan dilaksanakan dua tahap yaitu, tahap pertama pada bulan November 2022 dan tahap kedua diagendakan bulan Pebruari 2023. Mudah-mudahan realisasinya berjalan lancar, harap dia.


Realisasi ganti rugi ini berdasarkan Tim penaksir sesuai lokasi dan kesepakatan dari pemilik tanah.
Sedangkan pembayaran tidak diberikan secara tunai, melainkan melalui rekening masing-masing pada Bank Jabar Banten
(BJB) Kuningan dimana para pemilik akan diberi Kartu ATM.


Pembayaran melalui rekening BJB ini ujar Putu, guna menghindari 'Pungli' atau hal-hal lain yang tidak diharapkan, tegasnya.

Terpisah Kepala Dinas PUPR Kuningan H Ridwan Setiawan, SH, M.Si, saat ditemui diruang kerjanya menjelaskan, semula anggaran untuk ganti rugi itu ada di PUPR namun berdasarkan hasil rapat dan sesuai kebijakan Bupati, anggaran tersebut dialihkan ke DPPKP Kuningan.

Gambar

Kepala Dinas PUPR HM Ridwan Setiawan. SH. M, Si


Pembangunan jalan lingkar itu kata Ridwan, tujuannya sebagai peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan, untuk kelancaran, serta keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan pengendara. Akses jalan yang semakin baik maka akan menunjang perekonomian masyarakat sekitar dan mengurangi beban arus lalu lintas ruas jalan, terangnya.


Pembangunan Jalan LTS Ancaran-Kadugede sepanjang 10,8 KM ini, lanjut Ridwan, dari mulai desa Kertawangunan melewati jalur Sindangagung - Winduhaji -Citangtu - Cibinuang tembus ke desa - Windujanten persis dekat kantor Koramil Kadugede. Diharapkan pembangunan jalan tersebut, pada tahun 2024 sudah tuntas dan bisa difungsikan, ungkap Ridwan.

(H. Aboy)

Kuningan Viral Dinas DPPKP ATR BPN Jawa Barat Ganti Rugi LTS H Ridwan Setiawan Putu Bagiasna


Loading...