Berikut Beberapa Efek Samping Mengonsumsi Susu Cokelat Berlebihan

Berikut Beberapa Efek Samping Mengonsumsi Susu Cokelat Berlebihan
Ilustrasi (Liputan6.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Rabu, 19 Oktober 2022 14:14 WIB

Tersajabar.id -- Ada sebagian orang yang lebih menyukai susu cokelat daripada susu putih, namun keduanya sama-sama mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu nutrisi yang ada dalam susu cokelat adalah kalsium karena mineral ini baik dalam menjaga kesehatan tulang baik untuk anak-anak hingga remaja. 

Kemudian nutrisi lain yang ada pada susu cokelat adalah protein, fosfor dan vitamin D. Manfaat susu cokelat tidak terlepas dari adanya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, namun ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan supaya saat mengonsumsinya tidak membahayakan diri.

Susu cokelat akan lebih optimal manfaatnya apabila digabungkan dengan makanan lain seperti sereal, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. Sementara itu, susu cokelat juga bisa membantu dalam memulihkan tenaga yang habis setelah berolahraga. Bahkan dalam sebuah studi susu ini efektif dalam mengisi kembali gula, cairan dan elektrolit yang hilang.  Dirangkum dari sehatq, berikut ini tiga efek samping mengonsumsi susu cokelat berlebihan.

1. Dapat memicu risiko diabetes

Dalam susu cokelat setengah karbohidratnya ini berasal dari gula tambahan. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan risiko obesitas atau berat badan berlebih. Tidak hanya itu, asupan gula yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko diabetes akibat kadar gula darah yang berlebih dalam darah. 

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa memicu timbulnya masalah jerawat, karies gigi, dan depresi.

2. Dapat picu reaksi alergi

Apabila kamu penderita intoleransi terhadap laktosa, minum susu cokelat dapat menimbulkan reaksi alergi. Hal ini karena bisa menimbulkan masalah pada kesehatan antara lain kembung, kram, hingga diare. Selain itu, seseorang yang menderita intoleransi laktosa juga bisa mengalami sembelit parah. 

3. Dapat picu risiko penyakit jantung

Adanya gula tambahan dan lemak jenuh yang terdapat dalam susu cokelat ini juga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung. 

Dalam sebuah penelitian, dengan mengonsumsi 17 hingga 21 persen kalori dari gula tambahan ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 38 persen. 

Demikianlah tiga efek samping mengonsumsi susu cokelat berlebihan. Semoga bermanfaat. 

Disadur dari Yoursay.id dan Suara.com 

Kesehatan Tubuh Susu Cokelat Efek Samping


Loading...