Tak Bisa Sembarangan ! Begini Cara Mengobati Gigitan Tomcat, Jangan Digaruk ya !

Tak Bisa Sembarangan ! Begini Cara Mengobati Gigitan Tomcat, Jangan Digaruk ya !
Good News From Indonesia
Editor: Malda Teras Health —Rabu, 19 Oktober 2022 09:08 WIB

Terasjabar.id - Tomcat merupakan jenis serangga yang sempat heboh di dalam masyarakat Indonesia. Tomcat merupakan jenis serangga berukuran antara 7-8 mm dengan warna merah belang hitam.

Pemilik nama latin Paederus littoralis ini juga kerap disebut semut semai. Serangga dengan ukuran kurang dari 1 cm ini ternyata bisa menyebabkan iritasi apabila bersentuhan langsung dengan kulit. Salah satu gejala gigitan tomcat yaitu menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit.

Darah tomcat memiliki kandungan racun kuat yang dinamakan dengan pederin. Racun tersebut, bila bersentuhan dengan kulit bisa menyebabkan iritasi serius. Tomcat akan mengeluarkan racun jika merasa terancam. Serangga ini juga bisa mengeluarkan cairan racunnya ke benda-benda seperti baju, handuk, atau benda-benda lainnya.

Gejala gigitan tomcat pada dasarnya seperti gejala pada dermatitis kontak. Cara mengobati gigitan tomcat juga tak boleh sembarangan. Apabila salah cara mengobati gigitan tomcat, justru racun yang terkandung pada tomcat bisa menyebabkan gejala gigitan tomcat semakin parah.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut ini kami rekomendasikan untuk Anda 5 cara mengatasi gigitan tomcat dengan mudah, agar dapat teratasi secepat mungkin.

1. Mencuci dengan Air Hangat dan Sabun

Cara mengatasi gigitan tomcat yang pertama adalah dengan mencuci bagian yang telah terkena gigitan dengan air hangat dan sabun. Usahakan untuk menggunakan sabun yang lembut, bebas pewangi serta gunakan air hangat.

Dikarenakan racun tomcat akan dengan cepat memembus kulit. Maka, dengan cuci kulit sesegera mungkin akan membuang banyak racun sebelum semakin parah mengiritasi kulit. Jangan lupa untuk mencuci juga pakaian atau barang lain yang mungkin bersentuhan langsung dengan tomcat.

2. Hindari Menggaruk

Cara mengatasi gigitan tomcat yang berikutnya adalah dengan menghindari untuk menggaruk wilayah yang terkena gigitan tomcat. Sebab, jika digaruk terlalu sering justru berbahaya dan memperparah kulit yang iritasi. Tapi memang rasa gatal terkadang tidak bisa terhindarkan.

Lalu dengan tidak sengaja bisa saja tergaruk. Maka, ada baiknya potong kuku untuk mencegah garukan. Apabila tidak bisa terus-menerus menggaruk area yang gatal, tutupi bagian yang iritasi tersebut dengan kain.

3. Kompres Air Dingin


Kompres dingin juga menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi gigitan tomcat. Kompres kulit dengan handuk dingin akan menghilangkan rasa terbakar akibat gigitan tomcat. Selain itu, bisa juga mengompres kulit dengan cairan antiseptik dingin, terutama jika sudah timbul lesi seperti luka bakar.


4. Oleskan Gel Lidah Buaya


Agar rasa panasnya semakin cepat mereda, cara mengatasi gigitan tomcat berikutnya yaitu dengan mencoba untuk mengoleskan gel lidah buaya. Gel tersebut bisa didapat langsung dari daun lidah buaya atau produk lidah buaya yang dijual bebas di pasaran.

5. Menggunakan Salep


Cara mengatasi gigitan tomcat yang terakhir adalah dengan menggunakan salep. Jika rasa nyeri serta gatal semakin tidak tertahan, cobalah untuk mengoleskan krim atau salep antihistamin. Salep tersebut bisa meringankan rasa gatal serta menghambat iritasi.

Anda bisa menggunakan salep hydrocortisone 1% atau Salep betamethasone + antibiotik neomycin sulfat atau Salep Acyclovir 5%. Gunakan salep medis tersebut sesuai dengan anjuran pemakaian.

(Sumber: Merdeka.com)

Tomcat Viral Gigitan Tomcat Cara mengobati gigitan tomcat saletp air hangat


Loading...