Berikut Beberapa Jenis Buah yang Dapat Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Berikut Beberapa Jenis Buah yang Dapat Mencegah Tanda-Tanda Penuaan
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 15 Oktober 2022 14:40 WIB

Terasjabar.id -- Buah-buahan yang dikonsumsi menjadi salah satu hal yang berperan penting terhadap kesehatan kulit. Kandungan nutrisi yang terdapat pada sejumlah buah bermanfaat dalam mencegah kerusakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Nutrisi tersebut misalnya saja asam amino, karotenoid, asam lemak omega-3, polifenol, vitamin C, vitamin D, vitamin E, hingga flavonoid. Lantas, jenis buah apa saja yang mengandung sejumlah nutrisi tersebut?

Dilansir dari laman Stylecraze, berikut sejumlah buah-buahan yang bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan.

1. Alpukat 

Alpukat adalah salah satu makanan anti penuaan dengan manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah ini kaya akan potasium, vitamin A, C, E, dan K, dan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan efek penuaan sekaligus menjaga kesehatan secara keseluruhan.

2. Stroberi 

Stroberi kaya akan senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan tersebut berperan dalam meningkatkan metabolisme sel dan kebangkitan sel, mencegah stres oksidatif, dan memperlambat proses penuaan.

3. Delima 

Biji delima mengandung senyawa penting seperti vitamin C, D, E, dan K bersama dengan selenium, magnesium, dan protein. Semua senyawa ini memiliki efek anti-penuaan dan membantu tubuh untuk melawan penyakit dan tanda-tanda penuaan.


4. Blueberry 

Blueberry kaya akan flavonoid seperti myricetin, quercetin, dan kaempferol. Kandungan tersebut merupakan sumber yang kaya vitamin C dan K serta nutrisi lain yang memiliki efek anti-penuaan dan dapat mencegah kerusakan sel.

5. Semangka 

Semangka tidak hanya memberikan kesegaran saat dikonsumsi pada siang hari, tetapi juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari penuaan dini. Hal itu karena buah ini kaya akan vitamin C, E, dan K, selenium, kalsium, mangan, potasium, protein, dan karbohidrat.

6. Ara 

Jenis buah yang satu ini mungkin masih jarang diketahui. Buah yang juga disebut  Buah tin ini mengandung polifenol dan flavonoid yang memberikan sifat antioksidan. Maka, buah dengan rasa manis ini bisa mencegah berbagai jenis stres oksidatif sehingga berperan dalam menjaga kulit agar tetap sehat.

Itulah 6 jenis buah yang bermanfaat dalam mencegah tanda-tanda penuaan. Selain memaksimalkan perawatan kulit dari penggunaan kosmetik, kamu juga perlu barengi dengan pola makan yang sehat, ya.


Disadur dari Suara.com 

Buah Penuaan Manfaat Delima Alpukat


Loading...