Jorge Martin Kalahkan Marc Marquez untuk Rebut Pole Position GP Australia

Jorge Martin Kalahkan Marc Marquez untuk Rebut Pole Position GP Australia
(Motorsport.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Sabtu, 15 Oktober 2022 14:29 WIB

Terasjabar.id -- Pebalap Spanyol Jorge Martin mengalahkan kompatriot senegaranya Marc Marquez dengan selisih 0,013 detik pada babak kualifikasi untuk merebut pole position Grand Prix Australia, Sabtu (15/10/2022). Sang pebalap tim Pramac Racingini memecahkan rekor Sirkuit Phillip Island pada sesi Q2 dengan 1:27,767, menumbangkan lap terbaik Jorge Lorenzo di trek Australia itu pada 2013, demi merasakan pole ketujuh dalam kariernya di kelas premier. 

Sedangkan Marquez tampil kompetitif setelah menjadi pebalap tercepat dari tiga sesi latihan pertama. Sang pebalap tim Repsol Honda, yang juga mencatatkan waktu di bawah rekor lama sirkuit, akan berbagi tempat di baris terdepan dengan Francesco Bagnaia dari tim Ducati yang finis P3, demikian laman resmi MotoGP.

Bagnaia, yang berjarak dua poin dari puncak klasemen, mendapat posisi start yang lebih menguntungkan ketimbang dua rivalnya yaitu Aleix Espargaro dan pemuncak klasemen Fabio Quartararo yang bakal berjajar di baris kedua di P4 dan P5.

Di Australia, perebutan gelar juara dunia juga semakin ketat saat lima pebalap teratas dipisahkan hanya 40 poin dengan tiga balapan tersisa.

Fabio Quartararo (Yamaha) memegang kendali klasemen dengan margin hanya dua poin`dari Francesco Bagnaia (Ducati) sedangkan Aleix Espargaro menjadi tumpuan Aprilia dengan jarak 20 poin dari puncak, diikuti Enea Bastianini (Gresini) dengan jarak 39 poin, dan Jack Miller (Ducati) pada peringkat lima.

Sementara itu, Johann Zarco yang mendominasi dua sesi latihan pertama harus menyintas Q1 sebelum mengamankan P6 untuk Pramac. Pebalap tuan rumah, Jack Miller bakal menghibur para fan Australia saat menyerang dari P8, diapit duet pebalap VR46 Luca Marini dan Marco Bezzecchi yang melengkapi baris ketiga.

Pebalap Gresini Racing Enea Bastianini gagal melaju ke Q2 dan akan mengawali balapan dari P15, di belakang Pol Espargaro dan Joan Mir yang kembali balapan setelah cedera.

 


sumber : Antara
Disadur dari Republika.co.id

Jorge Martin Marc Marquez MotoGP Australia 2022


Loading...