Asep Z Fauzi : 19 Parpol Lolos Verigikasi Dan Siap Bertarung Di Pemilu 2024

Asep Z Fauzi : 19 Parpol Lolos Verigikasi Dan Siap Bertarung Di Pemilu 2024
Editor: Malda Teras Kuningan —Sabtu, 15 Oktober 2022 11:12 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Menghadapi tahapan persiapan verifikasi faktual partai politik calon peserta Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan menggelar Sosialisasi dan Konsolidasi KPU dengan stakeholder, di Grand Cordela Hotel Kuningan, Jumat (14/10/2022).

Sosialisasi dihadiri oleh Bupati H Acep Purnama Forkopimda, Bawaslu, Camat, APDESI, pimpinan partai politik, DEEP, media massa, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi kepemudaan dan lainnya.

Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi saat pembukaan menjelaskan, SIPOL merupakan sistem teknologi informasi yang berbasis Web yang digunakan untuk memfasilitasi pengelolaan administrasi pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai Politik peserta Pemilu anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah serta pemutakhiran data Partai Politik peserta Pemilu secara berkelanjutan di tingkat KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota dan peserta Pemilu.

Gambar

Lebih lanjut Asfa sapaan akrabnya menjelaskan, pelaksanaan waktu Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik di tingkat kab/kota dilaksanakan 15 Oktober – 4 November 2022. Sedangkan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik di tingkat kab/kota dilaksanakan dalam 2 tahap, yaitu berlangsung dari tanggal 15 Oktober 2022 hingga 4 November 2022. Sementara tahap kedua akan dilaksanakan dari tanggal 24 November 2022 sampai 7 Desember 2022.

“Diantara waktu Verifikasi faktual pertama dan Verifikasi faktual perbaikan Partai Politik diberi kesempatan melakukan perbaikan dokumen persyaratan tanggal 10 - 23 November 2022. Selanjutnya Diseminasi Sosialisasi mengenai Tahapan Verifikasi Faktual kepada para Pemangku Kepentingan, terutama aparat wilayah, partai politik dan media massa,” terangnya.

Ia menyebutkan, awalnya jumlah partai yang mengawali aktivasi ke SIPOL sebanyak 43, namun hanya 24 yang terverifikasi parpol, dan untuk Kuningan hanya 19 Parpol, pungkas Asfa.

(H Aboy)

kuningan Pemilu 2024 Viral APDESI DEEP KPU Kuningan


Loading...