Presiden Jokowi Bicara Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polri Menjadi Rendah 'Drop Sangat Rendah Sekali'

Presiden Jokowi Bicara Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polri Menjadi Rendah 'Drop Sangat Rendah Sekali'
(Foto: YouTube Sekretariat Presiden)
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 15 Oktober 2022 10:42 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo menyinggung soal indeks kepercayaan publik terhadap Polri yang menurun drastis gegara kasus Ferdy Sambo. Turunnya kepercayaan publik terhadap Polri menjadi pekerjaan rumah (PR) berat bagi institusi Polri.
Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberikan arahan kepada petinggi Polri mulai dari Kapolda hingga Kapolres se-Indonesia di Istana Kepresidenan, Jumat (14/10/2022). Jokowi mengamanatkan agar Polri dapat mengembalikan lagi kepercayaan publik yang sudah turun drastis.

Mulanya, Jokowi menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Polri dan TNI dan jajaran pemerintah, serta komponen masyarakat atas kerja keras dalam menangani Covid-19. Kerja keras tersebut dirasakan oleh masyarakat.

"Itu dilihat masyarakat, dan itu juga saya lihat dan saya rasakan kerja keras itu dan hasilnya juga sangat signifikan sampai hari ini," kata Jokowi seperti dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (15/10/2022).

Jokowi mengungkapkan Polri memberikan dorongan yang kuat dengan menyuntikkan 440 juta vaksin kepada masyarakat. Hasilnya, pandemi COVID-19 mereda dan perekonomian bisa tumbuh 5,44 persen.

Hal ini pula lah yang menempatkan Polri pada puncak teratas di indeks kepercayaan publik, pada saat itu. Namun, indeks kepercayaan publik terhadap Polri menurun drastis lantaran kasus Ferdy Sambo.

"Tetapi, begitu ada peristiwa, FS, runyam semuanya dan jatuh ke angka yang paling rendah. Dulu dibanding institusi penegak hukum yang lain tertinggi, sekarang Saudara-saudara harus tahu menjadi terendah," katanya.

Jokowi menyatakan indeks kepercayaan publik terhadap Polri pada November 2021 mencapai 80,2. Sedangkan pada 5 Agustus 2022 indeks kepercayaan publik terhadap Polri jatuh ke angka 54.

"Drop sangat rendah sekali. Itulah pekerjaan berat yang saudara saudara harus kerjakan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat Polri," katanya.

Baca artikel detiknews, "Jokowi Bicara PR Berat Polri Kembalikan Kepercayaan Masyarakat" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6349154/jokowi-bicara-pr-berat-polri-kembalikan-kepercayaan-masyarakat.

Presiden Jokowi Kapolri Polsisi Publik Ferdy Sambo


Loading...