Napoli Ukir Sejarah Lolos Ke Babak 16 Besar untuk Kali Pertama

Napoli Ukir Sejarah Lolos Ke Babak 16 Besar untuk Kali Pertama
(Kompas.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 13 Oktober 2022 14:14 WIB

Terasjabar.id -- Tanah selatan Italia tengah bergelora. Itu terjadi usai tim raksasa dari kota Naples, Napoli, memastikan diri sebagai klub Negeri Pasta pertama yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023.

Publik Stadion Diego Armando Maradona, Napoli kadung bersukacita usai tim tercinta mempertahankan laju impresif dalam dua kompetisi berbeda Serie A Italia dan Liga Champions. Teranyar i Partenopei sukses membekap Ajax Amsterdam dengan skor meyakinkan 4-2 pada lanjutan matchday keempat Liga Champions 2022/2023.

Keempat gol tersebut dibukukan oleh Hirving Lozano menit ke-14, Giacomo Raspadori menit ke-16, Khvicha Kvaratskhelia menit ke-62 dan Victor Osimhen menit ke-89.

Armada Luciano Spalletti itu kian kokoh di puncak altar Grup A dengan koleksi angka 12 setelah menyapu bersih empat kemenangan. Disusul oleh wakil Inggris Liverpool di kursi kedua mengumpulkan nilai sembilan.

Tak dinyana, kesuksesan itu menjadi kado terindah bagi masyarakat Naples. Pasalnya, klub-klub sukses di hajat Kuping Besar cenderung dikuasai oleh tim utara Italia seperti AC Milan, Juventus dan Inter Milan.

Kini Napoli, dalam narasinya menghadirkan fragmen lain sepeninggalan 'Si Tangan Tuhan' Diego Maradona. Menukil Opta pada Kamis (13/10/2022), i Vesuviani mengukir sejarah karena pertama kalinya bisa menembus 16 besar Liga Champions. Bahkan tiket terbang ke fase gugur dikantongi oleh Giovanni Di Lorenzo dan kawan-kawan ketika laga Grup D masih menyisakan dua pertandingan lagi.

Bukan hanya itu. Striker Napoli, Giacomo Raspadori, juga menorehkan tinta emas. Ia menjadi pemain Italia ketiga yang sukses mengukir gol dalam tiga pertandingan pertamanya di Liga Champions. Giacomo Raspadori mengikuti jejak Alessandro Del Piero dan Fabrizio Ravanelli yang lebih dulu melakukannya pada musim 1995/1996 silam.

Pada level domestik Serie A Italia, Napoli juga belum tersentuh kekalahan dengan bercokol di peringkat teratas. Mereka mengumpulkan nilai 23 dari tujuh menang dan dua kali imbang. Napoli unggul di atas Atalanta, SS Lazio, Udinese, dan juara bertahan Milan.


Disadur dari Republika.co.id

Napoli Serie A Babak 16 Besar Liga Champions


Loading...