BPBD Sosialisasi Satuan Aman Bencana Untuk Meningkatkan SDM Pelajar

BPBD Sosialisasi Satuan Aman Bencana Untuk Meningkatkan SDM Pelajar
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 13 Oktober 2022 09:30 WIB

Terasjabar.id - Kuningan | Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana di daerah Rawan Bencana sangat diperlukan bagi kalangan pelajar, untuk meningkatkan Kompentensi dan Kapasitas Sumber daya Manusia (SDM).
Hal ini dikatakan Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, saat pembukaan sosialisasi kebencanaan bagi pelajar, di Cibingbin, Rabu (12/10/2022).

Gambar

Dijelaskan, sosialisasi masalah bencana ini tujuannya mengembangkan Sekolah Tangguh Bencana, serta menerapkan Budaya Sadar Bencana di Sekolah dengan peningkatan Pengetahuan dan keterampilan antisipasi Penanggulangan Bencana di Lingkungan Masyarakat, Sekolah dan Warga.

Kegiatan Sosialisasi ini ujar Indra Bayu, dilaksanakan 1 hari diikuti oleh 147 orang terdiri dari 19 SD dan 2 SMP, terang Ibe sapaan akrabnya.

Gambar

Lebih jauh Ibe mengataka, Sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana di daerah Rawan Bencana di Kecamatan Cibingbin difasilitasi Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kuningan sebagai pemateri, diantaranya Mitigasi Bencana, Praktek pemetaan jalur evakuasi serta simulasi evakuasi.

Ibe berharap, melalui kegiatan ini dapat mengembangkan sistem mekanisme sekolah aman bencana sebagai perwujudan pembangunan kualitas sumber daya manusia serta Membentuk karakter sekolah tanggap bencana dalam rangka ketangguhan warga sekolah, anak sekolah dan guru aman dari bencana.

Gambar

Peranan tenaga pengajar atau guru sangat penting dalam membentuk karakter anak sekolah untuk memotivasi anak didiknya, dalam upaya pengurangan risiko bencana melalui penyebarluasan informasi dalam KBM (kegiatan belajar mengajar), sehingga anak sekolah sadar dan mengetahui secara dini tentang bencana di wilayahnya, terangnya.

(H. Aboy)

Kuningan BPBD Pelajar Bencana Alam SDM Pelajar Rawan bencana SMP Cibingbin Sosialisasi Kebencanaan pelajar


Loading...