DANREM 062/TN MENDAMPINGI PANGDAM III/SLW DLM RANGKA PENANDATANGANAN PERJANJIAN PKH UNTUK DAERAH LATPUR KODAM III/SLW ANTARA TNI DENGAN PERUM PERHUTANI

DANREM 062/TN MENDAMPINGI  PANGDAM III/SLW DLM RANGKA PENANDATANGANAN PERJANJIAN PKH UNTUK DAERAH LATPUR KODAM III/SLW ANTARA TNI DENGAN PERUM PERHUTANI
Editor: Jajang Teras Garut —Rabu, 12 Oktober 2022 15:57 WIB

KAB. BANDUNG, (terasjabar.id).- Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna,S. Sos., S.I.P.,M.M mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P dan rombongan dalam rangka kunjungan kerja kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama penggunaan kawasan hutan untuk daerah latihan tempur Kodam III/Slw antara TNI dengan perum perhutani bertempat di Ranca upas Perhutani Ciwidey Wilayah Kodim 0624/Kab. Bandung Korem 062/Tn, Rabu (12/10/2022).

Kegiatan diawali sambutan kepala devisi regional Jabar dan Banten Bpk Amas Wijaya, S. Hut menyampaikan pada kesempatan siang hari ini kita bisa berkumpul bersilaturahmi dalam rangka penandatanganan perjanjian kerjasama penggunaan kawasan hutan dengan mekanisme kerja sama untuk daerah latihan tempur khususnya untuk Kodam III/Slw, luas yang akan di kerjasamakan sesuai dengan surat keputusan dari direktur jenderal pajak atas nama Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan seluas 5.406,85 tetapi untuk yang di wilayah perhutani sesuai dengan surat itu adalah kurang lebih sekitar 4800an.

Siang hari ini akan kita tandatangani tentu saja rasa syukur kita panjatkan khususkan buat kami Pak, perjanjian ini jadi harapan kolaborasi dan sinergi bisa optimal.

Kerjasama penggunaan kawasan hutan ini untuk daerah latihan tempur, tentu saja tetap melibatkan keberadaan dari masyarakat sekitar kawasan hutan dalam menjaga dan memanfaatkan kawasan hutan yang ada. Tentu saja dengan kerjasama ini masyarakat sekitar kawasan hutan senantiasa bisa melakukan pemanfaatan secara bijaksana, karena kita tahu hutan adalah ada tiga fungsi selain fungsi ekonomi, mungkin yang diharapkan oleh masyarakat ada fungsi sosial dan yang utama adalah fungsi lingkungan, mari menjaga lingkungan itu menjadi kewajiban kita semua kehadiran bapak-bapak TNI khususnya dari Kodam III/Slw sangat diharapkan menjadi salah satu bentuk bantuan dalam rangka pemberdayaan masyarakat di sekitar hutan yang selama ini perhutani dengan pemerintah daerah melakukan keterlibatan atau keberadaan TNI khususnya Kodam III/Slw ini sangat diharapkan.

Dilanjutkan sambutan Pangdam III/Slw yang intinya menyampaikan kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul di sini, untuk bisa saling memahami saling mengerti dan yang terakhir saling membantu, berawal dari saya datang menganggap perlu bahwa kelanjutan dari Citarum ini, harus kita lihat dari muaranya atau dari awalnya di mana pemeliharaan ekosistem, kemudian lingkungan hidup dan juga pendekatan-pendekatan teknologi yang perlu kita sinergikan kita tidak bicara latihan tempur, tapi saya mengajak kepada Teteh, Akang masyarakat di sini mari kita sama-sama perang ya, karena perang ini tidak dengan tembakan tapi dengan kemampuan kita mengelola sumber daya alam sebagai satu potensi pertahanan implikasinya adalah kegiatan perekonomian.

Kemudian pemeliharaan sumber daya manusia itu sendiri, kemudian aspek pendidikan, kesehatan dan seperti itu kita sama-sama memelihara hutan sebagai satu sumber utama kehidupan masyarakat. Jadi kita menganggap perlu bawa hutan adalah sebagai bagian utama dan Ini juga masih menjadi sasaran kepentingan asing di mana Indonesia sebagai negara yang berada di lintasan ekuator, tapinya negara Indonesia ini masih menjadi sorotan negara asing di mana mereka tidak cukup punya potensi kekayaan alam.

Kemudian penandatanganan naskah perjanjian kerjasama antara Kodam III/Slw dengan perum Perhutani, tukar cinderamata dan foto bersama, do'a serta pembagian sembako secara simbolis kepada warga masyarakat Ciwidey.

Selesai acara dilaksanakan pelepasan Satwa liar berupa burung, musang dan tupai.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kapoksahli Pangdam III/Slw, Para Asisten Kasdam III/Slw,
Para Dansat/Kabalakdam III/Slw, Dandim 0624/Kab. Bandung, Dandenhubrem 062/Tn, Pasi bakti Tni Siterrem 062/Tn, Wakil Bupati Kabupaten Bandung, Staf regional perhutani Jabar dan Banten, komunitas pencinta lingkungan hidup dan tamu undangan lainnya. (Penrem 062/Tn)

DANREM 062/TN MENDAMPINGI PANGDAM III/SLW DLM RANGKA PENANDATANGANAN PERJANJIAN PKH UNTUK DAERAH LATPUR KODAM III/SLW ANTARA TNI DENGAN PERUM PERHUTANI


Loading...